Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Struktur Ban Bias Dan Radial Ketika Sedang Berjalan Lurus Dan Menikung

Untuk membuat perjalanan Anda semakin menyenangkan menggunakan mobil, maka ban mobil didesain berdasarkan jenis kendaraan,struktur, musim dan pola tapak ban. Secara struktur, ban dibedakan menjadi dua jenis yaitu ban bias dan ban radial.

Secara umum, ada 6 perbedaan antara ban bias dan ban radial yang harus Anda ketahui. Diantaranya yaitu bentuk carcasnya ( kerangka ), tebal tapak ban, pemakaian ban, kode spesifikasi, daya cengkram dan harganya.

Dengan mengetahui perbedaan diantara keduanya, maka Anda dapat memilih jenis ban yang tepat agar sesuai dengan kendaraan Anda. Dengan demikian maka fungsi ban akan lebih maksimal dan tahan lama.

1. Struktur Ban Bias

struktur ban bias

Ban bias memiliki rangkaian benang ( tali ) yang disusun bersilangan antara satu lapis dengan lapisan yang lain. Sudut persilangan benang membentuk sudut 40 derajat terhadap permukaan jalan pada sekeliling ban. Bahan yang digunakan pada carcas dan belt nya terbuat dari nilon.

Ban bias mempunyai karakteristik saat digunakan pada jalan lurus dan menikung.

struktur ban bias saat berjalan lurus dan menikung

Gerakan tapak ban sangat sensitif terhadap pergeseran berat kendaraan dan kecepatan putaran roda  sehingga tapak bagian bawah lebih cepat menimbulkan panas. Karena tapak ban  sepenuhnya mampu mendukung berat badan, ban bias bisa digunakan untuk kendaraan - kendaraan yang berjalan diaspal dan kendaraan yang mempunyai bobot besar. Namun demikian, umumnya ban bias digunakan  untuk  mobiol - mobil off road, pertanian, dan kendaraan pertambangan. .Keuntungan terbesar mereka adalah fleksibilitas dan drivability yang baik.

Saat berjalan lurus, bagian tapak ban akan cenderung tidak menapak merata. Sedangkan pada saat menikung, sebagian tapak ban tidak berpijak dengan baik ( hanya sebagian tapak ban yang bersinggungan dengan jalan ).


2. Struktur Ban Radial 


struktur ban radial

Ban radial terdiri dari rangkain kabel yang disusun tegak lurus secara melingkar. Karena pengaturan kabel ini, ban radial memiliki rasio kerataan lebih rendah dari pada ban bias. Juga karena resistensi horisontal yang tinggi, ban radial memiliki keunggulan dibanding ban bias seperti  akselerasi, pengendalian, putaran  dan karakteristik keselamatan. Sehingga ban radial   paling cocok digunakan  untuk kendaraan - kendraan dengan kecepatan tinggi. Berbeda dengan ban bias carcas dan belt yang terbuat dari nilon, sedangkan pada ban radial kedua komponen tersebut terbuat dari kawat baja. Umumnya ban radial diproduksi untuk mobil penumpang, truk ringan, truk, dan bus.

Ban  radial  mempunyai karakteristik saat digunakan pada jalan lurus dan menikung.

struktur ban radial saat berjalan lurus dan menikung

Dibandingkan ban Bias , ban Radial pada tapak ban saat mengemudi Anda tidak akan melihat adanya  perubahan pada  bidang kontak antara tapak dan permukaan jalan. Ban radial sering digunakan untuk mobil penumpang. Keuntungannya adalah daya cengkramnya ( traksi ) yang tinggi dan ketahanan terhadap tergelincir saat menikung, ini  karena hambatan gulir yang rendah saat ban berputar.

Post a Comment for "Perbedaan Struktur Ban Bias Dan Radial Ketika Sedang Berjalan Lurus Dan Menikung"