Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tipe - Tipe Ban Berdasarkan Jenis Kendaraan

Banyaknya jenis kendaraan transportasi di darat, maka ban yang digunakan juga harus disesuaikan. Ini karena setiap kendraan mempunyai karakteristik yang berbeda - beda sehingga ini perlu penanganan penggunaan ban yang sesuai.

Penggunaan ban yang sesuai pada setiap  jenis kendaraan akan mempermudah pengendalian saat dikemudikan. Hal  ini sangat berkaitan erat dengan keselematan dan kenyamanan.

Berikut ini adalah tipe - tipe ban berdasarkan jenis kendaraan :

1. Ban Mobil Penumpang
 


Ban mobil penumpang adalah ban yang digunakan untuk mobil - mobil keluarga. Seperti jenis mobil SUV, MPV, Crosover dan lain - lain. Umumnya, ban yang digunakan untuk velg ukuran 13 inchi sampai 15 inchi.


2. Ban Truk Ringan


Ban truk ringan adalah ban yang digunakan untuk truk - truk bermuatan kecil. Truk - truk kecil ini rata - rata menggunakan penggerak 4x2. Ukuran ban standar dipasang pada velg ukuran 17 Inchi.
3. Ban Truk dan Bus

4. Ban Mobil Balap


Ban mobil balap adalah ban yang digunakan untuk kendaraan - kendaraan balap yang berkecepatan tinggi. Ban yang digunakan memiliki spesifikasi khusus yang disesuaikan dengan konsidisi saat balapan.

5. Ban Kendaraan Pertanian

Ban kendaraan Pertanian adalah ban yang digunakan untuk kendaraan - kendaraan pertanian. Ciri khas dari ban ini adalah bentuk profile nya yang membentuk pacul.

6. Ban Off-Road

Ban off road agak sedikit lebih mirip dengan ban kendaraan pertanian. Bedanya, ban off road digunakan untuk kendaraan alat berat yang banyak digunakan pada daerah proyek dan pertambangan. Pada sebagian jenis ban off-road yang digunakan untuk alat berat ada yang menggunakan jenis ban NPT ( Non Pneumatic Tyre ). 

7. Ban Kendaraan Industri


Ban kendaraan industri adalah ban yang digunakan pada mobil - mobil truk besar pengangkut barang - barang kebutuhan industri.

8. Ban Motor


Ban motor adalah ban yang digunakan untuk sepeda motor.

9. Ban Pesawat

Ban pesawat adalah ban yang digunakan untuk pesawat terbang. Secara struktur, ban pesawat memiliki load indeks yang lebih besar dibanding dengan ban kendaraan - kendaraan lain.

Dari semua jenis ban yang digunakan pada setiap kendaraan, secara umum secara konstruksi ban - ban tersebut masih tetap terbagi menjadi dua yaitu ban bias dan ban radial.

Post a Comment for "Tipe - Tipe Ban Berdasarkan Jenis Kendaraan "