Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Perbedaan Antara Ban Tube Dengan Ban Tubeless

Diantaranya banyaknya komponen yang ada pada kendaraan sepeda motor dan mobil salah satunya adalah ban. Ban motor dan mobil mempunyai peran penting untuk menapak dipermukaan jalan.

Ban termasuk dalam kategori pemindah daya yang menerima tenaga dari mesin yang selanjutnya akan berputar dan menimbulkan traksi hingga kendaraan dapat berjalan dengan baik. Untuk mendapatkan kenyamanan dalam perjalanan tentunya harus menggunakan jenis ban yang benar.

Salah satu kerusakan paling ringan yang sering dialami oleh ban adalah kebocoran. Kebocoran yang terjadi pada ban akan menghilangkan fungsi ban itu sendiri. Banyak penyebab kebocoran yang terjadi pada ban seperti tertusuk paku, melewati lubang pada kecepatan tinggi dan lain - lain. Ini sangat mengganggu dan dan membahayakan apalagi jika kondisinya pada malam hari dan ditempat yang sunyi.

Ini merupakan salah satu kerusakan ringan yang sering terjadi pada ban motor dan mobil. Dengan kekurangan itulah ban mengalami perubahan pada sistem penyimpan udaranya.

Jenis ban menurut penyimpanan udaranya terbagi menjadi 2 jenis yaitu :

  1. Ban Tube 
  2. Ban Tubeless 

A. Pengertian Ban Tube  dan Ban Tubeless 


1. Ban Tube  

Ban Tube type adalah ban yang penyimpanan udaranya masih menggunakan ban dalam ( ban konvesional ). Ban jenis ini adalah yang sering kita temui di jalanan karena masih banyak mobil dan motor yang menggunakan ban type tube ( ban menggunakan ban dalam ). 


2. Ban Tubeless

Ban tubeless adalah ban yang penyimpanan udaranya tidak menggunakan ban dalam. Udara langsung ditahan oleh ban luar. Jenis ban tubeless sudah mulai banyak digunakan untuk mobil dan motor keluaran terbaru. Secara konstruksi, ban tubeless lebih lembut dibanding ban tube sehingga ia dapat menahan langsung udara didalamnya. Dibagian dalamnya juga dilapisi dengan inner liner sebagai penahan udara. 


B. Perbedaan Ban Tube Dengan Ban Tubeless

Karena secara konstruksi antara ban tube dengan ban tubeless berbeda, maka diantara kedunya mempunyai perbedaan masing - masing. Berikut ulasannya


1. Efisiensi Pemakaian


Ban tube adalah jenis ban konvesional yang masih mengandalkan ban dalam untuk penyimpanan udaranya. Salah satu kelemahan ban ini adalah jika tusukan benda tajam ( paku ) maka ban langsung kempes ( berkurang ) dalam rentang waktu yang cepat. Jadi sudah tidak ada harapan untuk bisa digunakan sampai ke tempat tambal ban. 

Ban tubeless didesain tidak menggunakan ban dalam. Walau tidak menggunakan ban dalam, ban ini dapat menahan kebocoran udara dengan baik. Hebatnya lagi bahwa jika ban ini tertusuk benda tajam maka ban tidak akan kempes atau minimal tidak terjadi pengurangan udara secara siginifikan seperti pada ban tube  ( ban konvensional ). Dengan demikian, pengemudi masih bisa menjalankan kendaraannya hingga ke tempat tambal ban. 

Jadi jelas ketika kita menggunakan jenis ban tubeless ini akan sangat efisien dalam pemaikannya. Kita masih bisa mengendarai kendaraan tersebut hingga ke tujuan kita walaupun ban tersebut kita ketahui tertusuk paku. Untuk melihat lebih jelas, perhatikan gambar dibawah ini. 


2. Kekuatan 


Ban tube ( ban konvesional ) ketika sudah tipis akan mengakibatkan ban dalam mengalami kebocoran. Secara bentuk, ban tube lebih pitis dan tidak sekeras ban tubeless.

berbeda dengan ban tubeless yang tidak menggunakan ban dalam dan hanya mengandalkan ban luar untuk menahan udara, maka secara bentuk ban tubeless lebih berat dan berisi dibanding ban konvensional. Bukan hanya itu, ban tubeles juga lebih keras sehingga ini bisa lebih awet dibandingkan dengan ban tube ( ban konvensional).

3. Perawatan 


Tidak seperti komponen lainnya, perawatan ban tidak tergolong sulit. Perawatan rutin yang harus sering dipertahikan adalah tekanan udaranya. Karena tekanan udara pada ban akan sangat berpengaruh terhadap kinerja kendaraan. 

Ban tube ( ban konvesional ) harus sering - sering dicek tekanan anginnya. Ini karena jenis ban ini lebih cepat mengalami kekurangan udara. Sedangkan ban tubeless, Anda cukup mengisi angin 1 - 2 kali dalam sebulan. 

4. Cara Menempelnya


Ban tube type ( ban konvesional ) ketika bocor maka  menempelnya dengan cara dipanaskan. Tukang tambal ban hampir semuanya menyediakan layanan tambal ban tube type. 

Berbeda dengan ban tubeless yang cara menempelnya dengan cara menyumpal bagian yang bocor dengan alat khusus. Sampai saat ini pun, tukang tambal ban tubeless masing jarang ditemukan untuk beberapa daerah, apalagi jika masih diperkampungan. Ini bisa menjadi pertimbangan untuk Anda yang tinggal di plosok - plosok desa ketika menggunakan ban tubeless. 



5. Harga 


Ban tubeless memiliki harga yang lebih mahal dibanding dengan ban tube ( ban konvensional ). Ini karena ban tubeless memiliki banyak kelebihan dibanding dengan ban tube ( ban konvensional ). 

Demikianlah penjelasan dari kami mengenai Pengertian Dan Perbedaan Antara Ban Tube Dengan Ban Tubeless . Ini bisa menjadi referensi bagi anda untuk memilih jenis ban yang tepat bagi kendaraan Anda agar kedepannya tidak merugikan dan merepotkan. 

Post a Comment for "Pengertian Dan Perbedaan Antara Ban Tube Dengan Ban Tubeless "