Glosarium Ban Dari A - Z
Untuk mempelajari dan mengetahui lebih dalam mengenai ban, maka kita harus mengenal beberapa istilah yang dipakai. Istilah ini merujuk pada standart internasional.
Dengan mengetahui setiap istilah ban, maka ini dapat mengetahui fungsi ban secara maksimal.
Glosarium Ban
1. Air Pressure
Jumlah udara di dalam ban yang menekan keluar setiap inci persegi pada ban, dinyatakan dalam satuan pound per inci persegi (psi).2. Alignment
Keadaan di mana semua roda pada kendaraan diarahkan arah optimal relatif satu sama lain.3. All-Season Tyre
Ban yang dirancang untuk digunakan pada saat kering dan basah trotoar dan juga menyediakan traksi di salju dan es.4. Aspect Ratio
Hubungan persentase antara tinggi ban dengan lebar ban. Yang paling umum adalah 75, dengankisaran terus ke bawah (65, 60, dll.) ke 35.
5. Balance
Keadaan di mana ban dan roda berputar dan didistribusikan secara merata.6. Bead
Lingkaran kabel baja yang ada di tepi ban, dibungkus atau diperkuat oleh tali ( ply ), yang dibentuk agar sesuai dengan tepi; itu memegang ban ke tepi.7. Belt
Lapisan tali yang dilapisi karet yang terletak di antara plies dan tread. Tali dapat dibuat dari baja, fiberglass, rayon, nilon, poliester atau bahan lainnya.8. Casing
Bagian ban yang terdapat di bawah tapak ( ( tread ) dan dinding samping ( side wall ).
9. Cold Inflation
Jumlah tekanan udara di ban, diukur dalam Tekanan satuan pound per inci persegi (psi) yang diukur pada suhu normal ( sebelum ban beroperasi )
10. Cord
Tali kain yang membentuk lapisan atau lapisan ban. Tali dapat dibuat dari baja, fiberglass, rayon, nilon, poliester atau kain lainnya.11. Contact Patch
Bagian dari tapak yang langsung bersentuhan dengan jalan.12. Friction
Kekuatan antara ban ketika mencengkram permukaan jalan.13. Groove
Celah antara dua tapak yang berdekatan atau disebut juga dengan pola tapak ban.14. Highway Tires
Disebut juga ban Musim Panas; dirancang untuk berkendara pada jalan basah dan kering, tetapi tidak digunakan pada jalan bersalju.15. Hydroplaning
Efek mengambang yang disebabkan oleh ban yang kehilangan kontak dengan permukaan yang ditutupi dengan air ( genangan air ).16. Innerliner
Lapisan paling dalam dari ban tubeless. Innerliner mencegah udara keluar melalui celah antara ban dan velg.17. Load Index
Nominal yang ditetapkan pada setiap ban dalam menumpu beban. Kode ini biasanya terletak pada bagian sisi luar ban.18. Maximum Inflation Pressure
Tekanan udara maksimum yang mungkin disebabkan oleh suhu ban yang meningkat.19. Overall Diameter
Diameter ban yang Secara keseluruhan dan tanpa beban apapun.20. Overall Width
Jarak antara bagian luar dari dua sisi dinding, termasuk huruf dan desain.21. Plus-Sizing
Ini adalah pilihan yang memunginkan pemilik kendaraan untuk memasang ban dengan profil berbedapada velg yang mempunyai jarak lebih lebar sedikit satu atau dua inchi. Ini biasanya untuk penampilan, handling dan performance.
22. Ply
Lapisan kain berlapis karet yang mengandung tali yang disusun sejajar satu sama lain, memanjang dari beads ke beads dan dari arah innerliner dan belt atau tread23.Radial Ply Tyre
Susuan konstruksi benang - benang pada ban yang dibentuk dengan sudut 90 derajat ke garis tengah pak.23. Rim
Tempat penopang ban tube atau ban tubeles dimana bagian bead ban duduk. Sering juga disebut sebagai velg roda.24. Rim Diameter
Diameter pelek yang diukur dari sisi ujung ke ujung. Misal tertulis 15, maka diameter velg nya adalah 15 inchi.25. Ring Width
Jarak antara dua sisi antara flanges pada velg.26. Rolling Resistance
Kekuatan yang dibutuhkan untuk membuat ban tetap bergerak dengan stabil pada kecepatan.Semakin rendah rolling resistance, semakin sedikit energi diperlukan untuk menjaga ban tetap bergerak.27. Rotation
Merotasi ban dari ban depan ke belakang atau dari samping ke samping pada kendaraan tersebut sesuai dengan pola yang ditetapkan. Ini dilakukan untuk menyamakan keausan pada semua ban.
28. Section Height
Tinggi ban, diukur dari pelek sampai tapak ban.
29. Section Width
Jarak diantara kedua dinding ban, ini tidak termasuk huruf atau desain lainnya.30. Shoulder
Area ban tempat tapak dan dinding samping bertemu.31. Side Wall
Bagian ban antara tapak dan bead ( dinding ban ).32. Sipes
Celah khusus pada tapak ban yang meningkatkan traksi saat permukaan jalan basah atau jalan berdebu, kotor, pasir, salju atau benda lainnya yang ada dipermukaan jalan.33. Size
Kombinasi lebar ban, jenis konstruksi, aspek rasio dan ukuran pelek yang digunakan dalam membedakan ban.34. Skid
Ban mengalami tergelincir ketika kehilangan grip saat berputar.35.Snow Tire
Sering disebut sebagai ban musim dingin, jenis ban khusus dengan tapak dan senyawa yang memberikan traksi yang lebih baik pada jalan bersalju dan kondisi musim dingin ekstrim lainnya.36. Speed Rating
Kode alfabet (A-Z) yang diberikan untuk ban yang menunjukkan kisaran kecepatan di mana ban dapat membawa beban dalam kondisi yang ditentukan.37. Tread
Bagian ban yang bersentuhan dengan jalan. Ini dibedakan oleh desain tulang rusuknya danalur.
Post a Comment for "Glosarium Ban Dari A - Z"