Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Fungsi Bagian - Bagian Pada Ban


Ban terdiri dari beragam bagian yang saling berkaitan dan mendukung satu dengan yang lainnya. Tanpa pernah kita sadari bahwa kinerja ban yang baik tidak lepas dari fungsi bagian - bagian pada ban yang masih dalam kondisi baik.

Jika ada salah satu saja bagian ban yang rusak, maka fungsi ban bisa saja terganggu atau bahkan sama sekali tidak dapat digunakan.

Tidak semua bagian - bagian dapat Anda lihat, namun jika ban dalam keadaan terpotong maka kita bisa melihat lebih detail bagian - bagian pada ban yang menopang kinerja ban.

Berikut ini merupakan 7 fungsi bagian - bagian pada ban. 


1. Tread  (Bagian Yang Bersentuhan Langsung Dengan Jalan)

Ada beragam pola karakteristik pada tapak ban ( yang menyesuaikan kondisi jalan ). Karakteristik ini semakin lama semakin rumit, ini karena inovasi ban yang terus berkembang dengan beragam fungsi untuk berbagai jenis kendaraan.


2. Shoulder (Bahu Ban)

Terletak di antara tapak ( tread )  dan dinding samping. Karet pada shoulder dibuat lebih tebal dari bagian - bagian yang lain. Selain itu, shoulder juga harus bisa menyalurkan panas dari dalam ban keluar saat ban berputar.

3. Sidewall ( Dinding Samping )

Bagian antara shoulder  dan bead.  Struktur sidewall  yang fleksibel dapat melindungi carcass  dan meningkatkan perjalanan. Sidewall juga sebagai tempat kode spesifikasi ban seperti jenis, ukuran, struktur, pola, perusahaan manufaktur, nama produk, dan berbagai karakter ban.

4. Bead (Bagian Yang Bersentuhan Dengan Rim)

Bead berfungsi memilitkan ban ke bagian pelek dengan kuat. Bead terdiri dari kawat dan komponen lainnya. Bead dirancang agak sedikit lebih ketat disekeliling velg untuk mencegah penuruanan tekanan secara signifikan.

5. Carcas (Kerangka Ban)

Sebagai kerangka kerja paling penting dari ban, seluruh lapisan dalam dari konstruksi ban  disebut carcas. Carcas bertindak untuk menahan tekanan udara, menahan beban vertikal dan menyerap guncangan.

6. Breaker Atau Belt (Lapisan Antara Tapak Dan Carcas )

Breaker adalah lapisan tali yang ditempatkan di antara carcas  dan tapak ban. Fungsi untuk melindungi carcas dari benturan langsung. Breaker  mengurangi guncangan, mencegah robekan atau cedera tapak yang bisa mencapai carcas   secara langsung, selain itu breaker   juga berfungsi menghentikan pemisahan antara lapisan karet dan carcas. Belt penguat yang digunakan pada jenis ban radial mempunyai struktur yang lebih kuat sehingga lebih kaku.

7. Inner Liner

Lapisan dalam terbuat dari lapisan karet yang menahan perpindahan  udara dari dalam ban keluar dan menggantikan ban dalam di dalam pada jenis ban tubeless. Umumnya terbuat dari karet sintetis yang disebut butil, atau karet dari varietas polyisoprene, lapisan dalam mempertahankan udara di dalam ban agar tetap stabil.

Nah, itulah 7 fungsi bagian - bagian pada ban. Semoga Anda dapat memahami setiap fungsinya.

Post a Comment for "7 Fungsi Bagian - Bagian Pada Ban"