Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lakukan 4 Cara Ini Untuk Merawat Ban Motor Anda Agar Tidak Cepat Rusak

Rata - rata sepeda motor keluaran terbaru sudah menggunakan ban type tubeless. Salah satu kelebihan ban tubeless adalah ban ini lebih praktis karena ketika ban tertusuk paku ban tidak langsung kempes layaknya seperti ban konvensional ( yang masih menggunakan ban dalam ). Ini karena perbedaan ban tube dengan ban tubeless secara konstruksi.

Semua orang sepakat bahwa ban tubeless memiliki banyak kelebihan dibanding dengan ban tube ( ban konvesional ). Karen kelebihan nya, ban tubeless memiliki harga yang lebih mahal.

Sudah sewajarnya kita merawat ban tubeless dengan baik agar dapat digunakan dalam waktu yang lama. Untuk merawat ban tubeless teranyata tidak merepotkan, berikut ulasan 4 cara merawat ban motor agar tidak cepat rusak.

1. Mengetahui Load Indexs Ban

Load indexs ban adalah beban maksimal yang dapat ditumpuh oleh ban itu sendiri. Load index ini bisa Anda lihat pada bagian sisi sidewall ( dinding ban ). Contoh pada ban dibawah ini yang memiliki kode spesifikasi 90/90-14 M/C 46P.

menghetahui load index maksimum ban

Nah, kode load index Max yang tertera diatas adalah 46. Angka tersebut bukan mengartikan bahwa ban dapat menahan beban 46 Kg ( ini adalah salah ). 46 ini adalah kode, jadi kita harus melihat daftar tabel kodenya load index nya lihat dibawah.

tabel load index ban

Dari tabel diatas bahwa angka 46 memiliki beban angkut 170 Kg untuk satu ban. Jadi ini bisa menjadi referensi bagi Anda beban berapa kilo yang aman untuk diangkut sehingga tidak merusak ban.


2. Mengetahui Speed Rating Ban

Speed rating pada ban adalah batas maksimum kendaraan yang diperbolehkan untuk ban tersebut. Kode speed rating berada pada posisi paling ujung. Seperti yang tertera pada kode ban diatas kode speed ratingnya adalah "P'. Nah lihat tabel speed rating dibawah ini.

tabel speed rating ban

Pada daftar tabel speed rating diatas bahwa huruf "P" menunjukkan angka kecepatan 23 mil / jam atau 150 Km/jam. Ini juga yang harus Anda perhatikan saat menggeber motor agar ban tidak rusak atau yang lebih parah akang mengalami pecah.

3. Mengetahui Tekanan Ban Yang Disarankan

Beberapa Merek ban menyertakan tekanan udara yang disarankan. Spesifikasi ini mereka letakkan di sidewall ( dinding ban ). Ini Anda gunakan sebagai angka patokan tekanan ban ketika akan mengisi tekanan anginnya.

mengetahui tekanan ban maskimum pada ban motor

Seperti yang tertera pada spesifikasi ban diatas bahwa maximum tire pressure adalah 290 kPa atau 42 Psi. Ini diukur ketika ban dalam kondisi dingin. 

4. Tambal Ban Dari Posisi Dalam ( Khusus Ban Tubeless )


Ini memang terdengar asing, namun ini adalah cara terbaik untuk menambal ban tubeless yang bocor. Kebanyakan saat ini, proses penambalan ban tubeless dilakukan dari luar. Perlu Anda ketahui ternyata proses penambalan ban tubeles dari luar dapat merusak bagian carcas ban, selain itu tampilan bagian tapak ban juga terlihat lebih buruk.

menambal ban bagian dalam ban tubeless
sumber.gridoto

Metode ini dikenal dengan nama Tiptop dimana proses penambalan bannya menggunakan perekat karet dan dipress dengan alat khusus. 

Itulah 4 cara merawat ban motor agar tidak cepat rusak yang bisa Anda terapkan pada motor kesayangan. 

Post a Comment for "Lakukan 4 Cara Ini Untuk Merawat Ban Motor Anda Agar Tidak Cepat Rusak"