Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Begini Cara Membaca Ukuran Ban Truk Yang Benar

info-ban.blogspot.com - Sebagai seorang  pengemudi mobil besar, setidaknya harus mengetahui cara   membaca ukuran ban truk yang benar. Ini sangat penting mengingat tugas pekerjaannya yang sangat beresiko dijalanan.  Yang mana  sewaktu - waktu bisa saja terjadi kecelakaan yang diakibatkan oleh kondisi ban truk yang salah pilih atau kwalitas yang sudah buruk.

Banyak keuntungan yang didapat jika pengemudi mengetahui cara membaca ukuran ban truk yang benar. Salah satunya adalah mengetahui jenis ban, ukuran ban dan beban maksimal yang dapat ditumpu. Dengan demikina, ini sangat mempengaruhi kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara.

Seperti kita ketahui bahwa fungsi truk adalah mobil yang digunakan untuk mengangkut material atau benda - benda yang berat. Jadi, faktor keamanan pada ban harus sangat diperhatikan sebelum melakukan pengangkutan. Banyak terjadinya kecelakaan pada truk sering disebabkan oleh ban yang meletus pada kecepatan tinggi.

Sebenarnya kode kecepatan maksimal pada ban truk juga sudah tertera, namun ini jarang diperhatikan oleh pengemudi. Sehingga ketidaktahuan ini bisa berakibat sangat fatal dan dapat memakan korban jiwa.

Penulis sendiri pernah mengalami hal ini ketika menaiki bus metromini. Dengan kondisi penumpang penuh,  berkecepatan tinggi dan  berada dijalan tol dalam kota, tiba - tiba suara ledakan terjadi dibagian belakang. Penulis sudah menduga bahwa ledakan tersebut diakibatkan karena ban belakang yang meletus, ini sangat terasa dengan seketika mobil oleng.


Sebelum memahami bagaimana cara membaca ukuran ban truk yang benar, maka pertama kali yang harus Anda pahami adalah mengetahui arti kode berupa huruf yang tertera pada bagian dinding ban.

Arti Kode Yang Tertera Pada Dinding Ban Truk 

SINGLE – Beban maksimal
SIZE – Dimensi
P.R. – Ply Rating ( jumlah lapisan kawat pada ban )
DUAL – Beban maksimal
S.S. – Simbol kecepatan
S.W. – Lebar ban bagian dalam (inchi)
T.D. – Kedalaman tapak (32nds)
S.L.R. – Beban statis (inchi)
L.I. – Load Index
R.P.M. – Kecepatan
O.D. – Diameter ban keseluruhan ( in )
SINGLE – Beban maksimal
RIM – Lebar Rim (in)

Cara Membaca Ukuran Ban Truk 


Setelah Anda mengetahui arti kode ban truk, selanjutnya adalah cara membaca ukuran ban truk. Untuk membacanya tidaklah sulit, perhatikan saja setiap huruf dan angka yang tertera pada bagian dinding ban ( side ).




A. Lebar tapak ban

Lebar tapak ban diukur  dalam satuan inchi. Pada data diatas tertera angka 10, maka lebar tapak ban adalah 10 Inchi.

B. Jenis ban

Secara umum, jenis ban terbagi menjadi 2 yaitu ban bias dan ban radial. Pada data diatas tertulis R, maka ban diatas adalah ban radial.

C. Diamter Ring

Diamter ring atau sering juga disebut diamater velg. Ini diukur dalam satuan Inchi, yang mana pada gambar diatas diamter ring yaitu 20 Inchi


E. Load Index

Load index adalah kemampuan setiap ban dalam menanggung beban. Kode Load index pada data diatas yaitu 154/150. Kode genap jika ban dipasang pada bagian belakang, sedangkan kode ganjil jika ban dipasang pada bagian depan.  Kode 154 memiliki arti ban dapat menanggung beban 3750 Kg. Sedangkan 150 memiliki arti ban dapat menanggung beban 3350 Kg.

F. Fly Rating 

Fly Rating adalah banyaknya lapisan benang nilon yang digunakan untuk membuat rangka ban. Pada gambar diatas tertera 18 PR, ini mengindikasikan bahwa lapisan benang nilon sebanyak 18 lembar.


G. Jenis Penggunaan Ban Dalam

Penggunaan ban dalam pada ban terbagi 2 yaitu ban yang menggunakan ban dalam ( Ban tipe tube ) dan ban yang tidak menggunakan ban dalam ( tubeless ). Pada gambar diatas tertera ban tubeless, berarti ban tersebut tidak menggunakan ban dalam. 

I : Arah putaran ban

Setiap ban memiliki arah putaran ban yang disimbolkan dengan arah garis panah. Ini berfungsi saat melakukan pemasangan ban.


J : Simbol Kecepatan

Ini sebagai kode simbol kecepatan. Jika terdapat simbol  J maka  ban mampu melaju  sampai dengan kecepatan 100 kpj dengan menanggung berat sesuai load index.

Post a Comment for "Begini Cara Membaca Ukuran Ban Truk Yang Benar"