Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Ban Serep Mobil, Jenis - Jenisnya Dan Lokasi Penyimpanannya

info-ban.blogspot.com- Hampir setiap mobil dilengkapi dengan ban serep. Namun ternyata sebagian besar pemilik kendaraan tidak mengenal ban serep pada mobil nya. Ini bisa saja terjadi karena memang ia baru pertama kali memiliki mobil. 

Seperti kita ketahui bahwa ban adalah bagian dari mobil yang fungsinya sangat vital. Kebayang kan, punya mobil bagus namun tidak mempunyai ban. Jelas, sebagus apapun mobil yang dimiliki pasti tidak akan berguna sama sekali. Oleh karenanya jangan pernah menganggap remeh fungsi ban.

Ban berfungsi sebagai komponen pada mobil yang langsung bersentuhan dengan tanah. Ban terbuat dari bahan karet yang mempunyai daya cengkram baik terhadap jalan. Ini berfungsi agar saat mobil melaju dengan kencang, mobil masih mendapat traksi sehingga mobil mudah dikendalikan. 

Karena ban terbuat dari bahan karet, maka ban sewaktu - waktu pasti akan mengalami kerusakan. Kerusakan yang disebabkan pun bermacam - macam, seperti ban tertusuk paku, ban menabrak benda keras, ban masuk kedalam lubang pada kecepatan tinggi dan ban yang memang kwalitasnya sudah mulai memburuk. 

Kerusakan ban memang sangat sulit diprediksi, sehingga harus ada langkah pencegahan ataupun penggantian jika ban tiba - tiba rusak pada kondisi yang tidak diinginkan. Atas dasar itulah pabrikan - pabrikan otomotif sebagian besar telah melengkapi produk mobil barunya yang telah dilengkapi dengan ban serep.


Apa Itu Ban Serep ? 

Ban serep adalah ban cadangan yang ada pada mobil. Ban serep berfungsi sebagai ban pengganti ketika ban yang dipakai mengalami kerusakan yang diakibatkan karena kebocoran atau masalah lain yang mengakibatkan ban tersebut tidak bisa berfungsi dengan baik. 

Ban serep bukan hanya digunakan untuk mobil - mobil passanger saja ( mobil penumpang ), namun mobil - mobil besar atau truk juga dilengkapi dengan ban serep. Biasanya pada setiap kendaraan hanya dilengkapi ban serep sebanyak 1 buah. 

Jenis - jenis ban Serep

Secara umum ban serep yang disediakan oleh pabrikan pembuat mobil ada 2 ( dua ) yaitu 

1. Ban ukuran kecil dengan velg kaleng

Ban cadangan jenis ini ukurannya lebih kecil dibanding keempat ban yang lain. Selain itu, jika keempat roda yang lain menggunakan velg aloy, maka ban cadangan ini menggunakan velg kaleng. Jenis ban cadangan ini biasanya untuk mobil mini MPV, Sedan atau Hatback. 

Jika menggunakan ban jenis ini, tampilan mobil menjadi lebih buruk, karena mobil menjadi tidak seimbang. Namun jangan khawatir, karena fungsi ban ini hanya sementara untuk menggantikan ban standar yang rusak. Jika ban yang rusak sudah diperbaiki, maka segeralah lepas ban cadangan yang sedang terpakai agar tampilan mobil menjadi lebih baik.

Adapun kecepatan yang direkomendasikan saat Anda menggunakan ban serep jenis ini yaitu 30 sampai 50 Km / jam hingga Anda menemukan tempat tambal ban. 

ban serep mobil


2. Ban ukuran standart sesuai dengan ke empat ban yang lainnya.

Berbeda dengan yang jenis pertama, pada jenis yang kedua ini ban serep memiliki bentuk yang sama dengan keempat ban lainnya. Jenis ban serep ini biasanya untuk mobil - mobil dengan ukuran besar seperti mobil MPV, SUV, Minivan dan lain - lain. 

Lokasi Penyimpanan Ban Serep

Ini memang terlihat sepele, namun Anda tidak boleh mengabaikan lokasi penyimpanan ban serep. Ini sangat penting dan Anda harus benar - benar mengetahui dimana letak ban serep pada mobil yang sedang Anda kendaraai. 

Jika sewaktu - waktu dalam perjalanan ada salah satu ban yang bermasalah, maka Anda harus segera mengganti ban tersebut dengan ban cadangan. Jika Anda sudah mengetahui lokasi penyimpanan ban cadangan, maka ini akan mempermudah waktu penggantian ban tersebut. 

Secara umum ada 3 lokasi tempat penyimpanan ban serep, dimana sajakah ia disimpan ?

1. Ban Serep Disimpan Didalam Bagasi Belakang

Umumnya, ban cadangan yang disimpan dibagasi belakang adalah pada mobil - mobil Sedan atau MPV. Namun ini juga bukan sebuah kepastian, karena setiap  pabrikan meletakkan ban cadangan ditempat yang berbeda untuk jenis kendaraan yang sama. Kelebihan ban cadangan yang disimpan dibagai belakang adalah tidak mudah dicuri.

ban serep disimpan dibagasi belakang


2. Ban Serep Disimpan Dibagian Bawah Belakang Mobil

Ban serep jenis ini banyak digunakan untuk jenis mobil Medium MPV. Salah satu manfaatnya yaitu luas bagasi penyimpanan barang pada bagian paling belakang menjadi lebih lebar. Namun kekurangannya, ban serep mudah dicuri. Oleh sebab itu, banyak para pemilik biasanya sengaja memasang rantai atau gembok agar ban tidak mudah dicuri. 

ban serep disimpan dibawah mobil

3. Ban Serep Disimpan Menggantung Pada Bagian Pintu Belakang

Jenis penyimpanan  ban serep ini banyak digunakan pada mobil - mobil SUV. Orang sering menyebutnya sebagai mobil berkonde, ya karena memang mirip dengan perempuan yang menggunakan konde. Sebut saja Hardtop, Rubbicon dan sejenisnya yang memasang ban cadangan pada bagian pintu belakang. 

Untuk memasang dan melepas ban cadangan jenis ini menggunakan kunci roda. Ban diikat menggunakan mur yang seukuran dengan mur roda. Selain itu, untuk menambahkan penampilan biasanya ban dibungkus dengan cover yang terbuat dari kain atau pelastik.

ban serep disimpan dibagian pintu belakang


Apakah Ada Ban Mobil Yang Tidak Menggunakan Ban Serep ? 

Penulis sendiri pernah mengalami hal ini ketika ada seorang pelanggan yang kebingungan mencari ban serep mobilnya. Bahkan ia sama sekali tidak menyadari bahwa mobil mewahnya memang benar - benar tidak memiliki ban serep. 

Di Indonesia sendiri, mobil - mobil mewah sudah tidak menggunakan ban serep. Sesuai dengan peraturan pemerintah bahwa mobil - mobil baru berhak tidak menggunakan ban serep jika sudah dilengkapi dengan kit ban atau sudah menggunakan ban jenis RFT ( Run Flat Tyre ). Singkatnya, ban RFT memiliki kelebihan dibanding ban konvensional, salah satunya yaitu ban tetap bisa digunakan pada kondisi habis udara. 

Jadi kesimpulannya, memang ada mobil - mobil yang tidak menggunakan ban serep. Terutama mobil - mobil mewah berpenumpang.

Merawat Ban Serep

Walaupun ini bukan ban utama dan hanya berfungsi sebagai ban cadangan, ban serep mesti harus sering dirawat. Cara perawatannya juga tidak terlalu merepotkan, Anda cukup mengeceknya setiap 1 bulan sekali. 

Bersihkan kotoran yang menempel agar tidak menimbulkan karat dan periksa tekanan angin ban serep agar tekannya sesuai. Ini penting agar ban serep siap untuk digunakan dan bukan malah menimbulkan masalah saat akan digunakan. 

Post a Comment for "Mengenal Ban Serep Mobil, Jenis - Jenisnya Dan Lokasi Penyimpanannya"