Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Benar Melepas Ban Tanpa Merusak Velg Pada Sepeda Motor

Cara Benar Melepas Ban Tanpa Merusak Velg Pada Sepeda Motor


Banyak sekali faktor yang menyebabkan ban dalam pada sepeda motor mengalami bocor, misalnya saja karena terkena paku atau benda tajam, ban luar yang telah mulai gundul, atau bisa juga disebabkan ban dalam sudah waktunya untuk mengganti.

Pasti banyak orang yang memilih untuk menembel ban dalam dengan membawanya ke tukang tambal ban. Masalahnya, terkadang tukang tambal ban pemula   tidak mengerti metode yang benar mengenai bagaimana cara mengganti ban luar ataupun ban dalam  tanpa harus merusak velg.

Melepas ban dalam motor dengan asal-asalan ternyata bisa berdampak buruk bagi velg motor. Yang paling sering terjadi adalah timbulnya lecet akibat salah salah mencungkil.  Selain itu penggunaan pengungkit untuk mencongkel ban dalam bukanlah solusi yang benar dan justru membuat posisi tidak center sehingga mengurangi rasa nyaman bagi pengendara itu sendiri.

Sebenarnya ada banyak cara melepas ban dalam tanpa harus memakai pengungkit dan salah satunya adalah menggunakan air sabun. Caranya pun juga sangat mudah sekali yaitu hanya dengan mengoleskan sabun yang telah dilarutkan sedikit air, setelah itu sabun tersebut diberikan kebagian ban yang menempel pada velg secara merata supaya tambah licin.

Jika ban yang menempel di velg sudah terasa licin langkah selanjutnya yaitu tekan ban dengan tangan supaya bisa masuk ke dalam velg, keluarkan semua ban luar dari velg dan setelah itu baru tarik ban dalam hingga terlepas. Untuk memasangnya kembali hampir sama dengan teknik melepas ban yaitu dengan cara memberikan sabun.

Post a Comment for "Cara Benar Melepas Ban Tanpa Merusak Velg Pada Sepeda Motor"