Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Alasan Mengapa Tekanan Ban Mobil Harus Tetap Optimal

Ban jenis  pneumatic membuthkan udara bertekanan untuk proses kerjanya. Kita sering menyebutnya sebagai tekanan angin ( udara ) ban. Setiap ban mempunyai tekanan udara  berbeda - beda yang disesuaikan dengan jenis ban itu sendiri.

Tekanan udara pada ban sangat penting, secara langsung itu sangat berkaitan dengan keselamatan berkendara. Oleh karena itu tekanan ban harus diperiksa secara teratur dan melakukan perawatan yang tepat agar dapat mempenjang usia pemakaian. Selain itu fungsi ban juga akan lebih maskimal. 


A. Pentingnya tekanan ban optimal


Seperti yang sudah kami utarakan diatas bahwa tekanan ban itu sangat penting. Tekanan udara optimum harus dipertahankan untuk menjamin keselamatan, pengendalian kendaraan oleh pengemudi, usia ban dan efisiensi pemakaian bahan bakar.

Rata - rata dalam setiap bulan nya, ban akan kehilangan tekanan angin sebesar 1 Psi. Hal ini penting untuk diperhatikan oleh setiap pemilik kendaraan bermotor agar melakukan pemeriksaan semua ban dan ban cadangan. Setidaknya pemeriksaan ini dilakukan sekali sebulan atau sebelum melakukan perjalanan jauh.


Seperti yang terlihat pada tabel diatas bahwa masa pemakaian ban sangat tergantung dari tekanan udara. Tekanan udara yang selalu 100 % optimum akan berdampak pada usia ban yang 100 % lebih baik. Tekanan ban yang rendah mengakibatkan masa pakai semakin rendah. Dan ternyata tekanan udara yang berlebihan juga grafiknya menurun, artinya tekanan udara yang berlebih juga mengakibatkan masa pakai ban semakin menurun. 

B. Hubungan Tekanan Ban Dengan Traksi Ban



Tekanan udara yang rendah  menyebabkan bidang kontak hanya terjadi pada kedua bagian sisi ban , yang menghasilkan gaya berlebihan di kedua sisi tapak. Keausan akan terjadi pada bagian sisi ban. Ini juga berdampak pada semakin melebarnya dinding ban ( sidewall ) dibanding dengan tekanan udara yang optimal. Jadi, ban yang kekurangan tekanan udara itu sangat berbahaya dan merusak ban. 

Sebaliknya, tekanan udara yang berlebihan ( tinggi ) mengakibatkan   bentuk ban melambung, seperti balon, sedangkan gaya hanya difokuskan pada bagian tengah. Kekuatan yang dihasilkan tidak merata di patch kontak dan ini mengakibatkan keausan terjadi pada bagian tengah tapak ban saja. 

C. Memeriksa Tekanan Ban Optimal




Tingkat tekanan udara yang optimal untuk ban Anda dapat ditemukan di sisi dalam pintu mobil, di dalam tutup bahan bakar atau di manual mobil (lokasi stiker dapat bervariasi menurut negara dan jenis mobil).Ada juga beberapa merk ban yang meletakkan informasi tekanan ban maksimal di bagian dinding ban ( sidewall ).

D. Cara Memeriksa Tekanan Ban

  1. Belilah alat pengukur tekanan udara ( tyre pressure gauge )  atau bawalah  kendaraan Anda ke bengkel terdekat  terdekat (atau stasiun bahan bakar) untuk melakukan pemeriksaan
  2. Ban harus diperiksa dalam kondisi "dingin" (setidaknya tiga jam setelah pengemudian).
  3. Masukkan pengukur tekanan ke pentil ban 
  4. Bandingkan tingkat tekanan udara yang diukur dengan tingkat tercantum pada pintu mobil.
Jika angka diukur lebih tinggi, melepaskan udara sampai angka sesuai dengan apa yang tercantum pada pintu mobil.

Jika angka diukur lebih rendah, masukkan lebih banyak udara sampai angka sesuai dengan apa yang tercantum pada pintu mobil.

Post a Comment for "Ini Alasan Mengapa Tekanan Ban Mobil Harus Tetap Optimal "