Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Perusahaan Ban Yokohama

sejarha ban yokohama


Pada tanggal 13 Oktober 1912, perusahaan ban Yokohama Rubber Co., Ltd didirikan. Perusahaan tersebut merupakan perusahaan patungan antara Yokohama Electric Cable Manufacturing Company ( sekarang menjadi Furukawa Electric Co ) dengan perusahaan BF Goodrich Amerika Serikat.

Salah satu seseorang yang penting dalam pendirian perusahaan ini adalah Suekichi Nakagawa yang pada saat itu menjabat sebagai direktur Yokohama Electric Cable yang kemudian ia menjadi presiden kedua perusahaan.

pendiri yokohama ban


Sekitar tahun 1920an  pembangunan fasilitas produksi perusahaan, pabrik Hiranuma Yokohama. Pabrik mulai memproduksi komponen - komponen dari karet seperti sabuk, ban dan produk lainnya yang menggunakan proses pemurnian. Alat - alat produksi pada saat itu di impor dari Amerika Serikat. Salah satu produk jadi nya dalah ban yang dijalin dengan tali yang diproduksi di pabrik ini.

ban pertama yokohama

Diawal tahun 1930 an, ban telah diproduksi secara besar-besaran di pabrik Yokohama. Mereka meluncurkan ban Golden Ply Tire yang rata dengan tingkat resistensi yang baik. Dan menjualnya di outlet mereka untuk pertama kalinya. Di tahun 1937, menjadi tahun pergantian merek ban dari Trademark Goodrich menjadi Yokohama.

outlet pertama yokohama

Pada tahun 1940, Yokohama memulai ekspansinya dengan membuka beberapa pabrik karet dan risetnya di beberapa negara diantaranya China dan Singapura. Mereka juga mulai membuat ban untuk pesawat - pesawat tempur Zero Jepang.

ban pesawat tempur buatan tokohama


Pada tahun 1950, Yokohama mulai memproduksi  ban yang digunakan pada kondisi musim salju dengan merek Y-12. Bukan hanya itu, pada tahun ini juga menjadi tahun pertama mereka meluncur ban tubeles yang menjadi pertama di Jepang. Mereka juga mulai memproduksi produk lainnya yang berbahan dasar karet seperti selant ( perekat ) dan adhesive yang terbuat dari campuran karet dan resin. 

sealant dan adhesive buatan tokohama

Di tahun 1960, Yokohama mulai memproduksi bahn radial pertamanya untuk kendaraan - kendaraan penumpang. Menciptakan icon "Smileage Mark " sebagai promosi untuk mendongkrak penjualan ban Yokohama. Agar ban Yokohama bisa diterima diseluruh Negara, mereka pun merubah nama perusahaan Jepang  sesuai dengan bahasa Inggris, sehingga menjadi  The Yokohama Rubber Co., Ltd.

Pada tahun 1970 menjadi tahun pengembangan ban radial untuk mobil - mobil penumpang dan truck. Alat - alat produksi mereka impor dari Jerman untuk membuat sabuk karet yang besar dengan ukuran 3,2 meter. Meluncurkan ban radial tubeless dari serat baja yang pertama di Jepang. 

Era ban balap dimulai pada tahun 1972, Mobil reli yang dilengkapi dengan G.T. Ban KHUSUS memenangkan Rally Championship dan Southern Cross Rally. Kemenangan Southern Cross menandai tahun kelima berturut-turut (1972-76).  

ban racing yokohama pertama

Mengembangkan ban balap Y-801 dan Y-802 untuk mobil touring. Ban  Y-801 untuk kondisi jalanan kering dan ban Y-802 untuk kondisi jalan basah

Post a Comment for "Sejarah Perusahaan Ban Yokohama "