Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Penyebab Dan Solusi Ban Yang Mengalami Pinch Out ( Benjol Bagian Samping )

penyebab ban mengalami pich out dan solusinya


Apakah Anda pernah melihat keanehan yang terjadi pada ban mobil ? atau mungkin Anda pernah mengalaminya. Salah satu kerusakan ban yang mengakibatkan tampilan ban bagian luarnya menjadi aneh adalah Pinch Out. Pinch Out adalah kondisi ketidak normalan yang terjadi pada bagian dinding luar ban, biasanya akan terjadi benjolan - benjolan yang jumlahnya tidak menentu. Tentu saja, ban yang mengalami pinch out akan mengurangi fungsi ban yang jika dibiarkan akan merusak ban itu sendiri. 

Pinch out yang terjadi pada ban tidak memandang apakah ban tersebut masih baru atau sudah lama diapakai. Anda bisa mencurigai merek ban tersebut  jika ban kondisi baru dan Anda merasa dipakai dalam kondisi normal. 

Namun jika ban tersebut berkwalitas baik dan mengalami pinch out, indikasi ini bisa jadi karena ada yang salah saat Anda mengemudi. 

Berikut ini adalah penyebab dan solusi yang bisa Anda terapkan saat mengemudi agar ban tidak mengalami Pinch Out. 


A. Penyebab Ban Mengalami Pinch Out

1. Membentuk Benda Keras

Ini adalah point pertama yang menyebabkan ban mobil Anda mengalami pinch out. Pastikanlah saat Anda mengemudi tidak ada benda asing yang menghalangi. Jika Anda menemukan benda asing, segelah menghindar. 

2. Membentuk Trotoar Jalan

Penyebab kedua ini memang agak susah dihindarkan, mengingat trotoar selalu ada dimanan - mana. Membentuk trotoar bisanya pada saat kendaraan akan mengambil posisi mundur, jadi tidak ada salahnya Anda meminta bantuan kepada orang lain ( tukang parkir ). Jika pun harus sendirian, maka gaslah mobil Anda secara bertahap dan pelan - pelan. 

3. Menghantam Lubang Dengan Kecepatan Tinggi

Menghantam lubang dengan kecepatan tinggi memang agak sulit dielakkan. Mengingat kecepatan yang tinggi sangat berbahaya jika harus tiba - tiba bermanuver atau mengindar dari lubang. Namun jika kondisi sekitar memungkinkan, tidak ada salahnya Anda untuk mencoba bernanver dengan keahlian yang Anda miliki. 

4. Melewati Jalan Rusak Dengan Kecepatan Tinggi

Jika jalan yang Anda lewati kondisinya rusak parah, alangkah baiknya Anda mengatur kecepatan kendaraan sewajarnya. Mengingat jalan yang rusak akan berdampak besar terjadinya benturan yang keras pada ban mobil Anda. 


B. Solusi Agar Ban Mobil Tidak Mengalami Pinch Out


1. Rutin Memeriksa Tekanan Angin Secara Berkala

Ini adalah pekerjaan paling mudah namun tidak semua orang bisa melakukannya secara berkala. Perlu Anda ketahui bahwa, rata - rata tekanan ban akan berkurang 1 Psi setiap bulannya. Ini tergantung cuaca dan pola mengemudi. Jadi lakukanlah pemeriksaan tekanan ban minimal satu kali dalam sebulan. 

2. Hati - Hati Melewat Jalan Rusak

Jika Anda melewati jalan yang rusak, maka tidak ada pilihan lain selain harus mengurangi kecepatan mobil. Sesuaikanlah kecepatan kendaraan dengan kondisi jalan yang Anda lewati. 

3. Perhatikan Marka Jalan

Jalan yang dibuat oleh pemerintah sudah dilengkapi dengan rambu - rambu. Rambu - rambu jalan ini menjadi informasi awal yang bisa kita gunakan mengenai kondisi jalan selanjutnya yang akan kita lewati. 

Post a Comment for "4 Penyebab Dan Solusi Ban Yang Mengalami Pinch Out ( Benjol Bagian Samping ) "