Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Daftar Merek Ban Mobil Terbaik Tahun 2020

Kita mungkin tidak pernah menyadari bahwa yang terlihat dari ban seperti warnanya yang hitam, berbentuk bulan dan terbuat dari karet memiliki banyak jenis - jenis yang berbeda. Masing - masing ban dirancang untuk fungsi dan cara kerja tertentu tergantung pada kendaraan, medan yang ditempuh sehar - hari dan kinerja ban yang diharapkan.

Ban adalah satu-satunya komponen pada kendaraan yang benar-benar menyentuh tanah. Oleh karena itu fungsinya sangat penting dan sangat berpengaruh terhadap keselamatan berkendara.

Sangat banyak produsen ban di dunia, dengan demikian kita harus benar-benar memilih merek ban terbaik yang ada saat ini.

Berikut adalah 10 merek ban terbaik di dunia yang bisa Anda pilih sebagai rujukan.


1. Bridgestone

ban bridgeston


Bridgestone adalah pembuat ban Jepang dan produsen ban terbesar di dunia. Perusahaan ini mencakup semua jenis ban, dari mulai ban balap berkinerja tinggi hingga ban yang paling ekonomis dan ringan.

Dari sejarahnya, Bridgestone memiliki sejarah  tertinggi di dunia motorsport di seluruh dunia termasuk menjadi penyedia untuk balapan Formula Satu (F1) dari 1997 hingga 2010 dan untuk kategori minor seperti F2 dan F3 sejak 1980-an untuk beberapa musim.

Mereka juga pernah menjadi pemasok ban tunggal ke MotoGP, hingga akhir 2015. Firestone, anak perusahaan Bridgestone, telah menjadi penyedia ban tunggal ke Seri IndyCar sejak tahun 2000.

Selain itu, perusahaan ini memiliki sekitar 180 pabrik dan fasilitas R&D di 26 negara dan menjual produknya di lebih dari 150 negara.


2. Michelin

ban michelin

Pabrikan ban asal  Prancis ini adalah pemain global lain dalam industri karet. Michelin  telah menjual ban lebih dari 170 negara. Michelin didirikan pada tahun 1889 dengan tujuan awal mereka berfokus  menciptakan ban sepeda pneumatik yang tidak perlu menempel ke pelek. Perusahaan ini telah menjadi inovator di industri ban. Perusahaan ini telah banyak terlibat dalam motorsport dan saat ini merupakan penyedia ban tunggal untuk MotoGP.

Mereka juga merupakan pesaing on / off di F1 hingga akhir tahun 2006. Hari ini, serta memproduksi ban untuk mobil, Michelin mencakup semuanya, mulai dari sepeda hingga angkutan luar angkasa!


3. Goodyear

ban googyear

Goodyear adalah perusahaan Amerika dan merek ban terlaris di negara itu. Didirikan tahun 1898, Goodyear memulai dengan memproduksi ban sepeda dan kereta tarik. Kurang dari 100 tahun kemudian, mereka membuat ban yang digunakan di bulan oleh NASA.

Goodyear telah banyak terlibat sebagai pemasok ban di F1 dan masih mempertahankannya sebagai pemasok ban F1 paling sukses, meskipun terakhir terlibat pada 1998.

Saat ini, Goodyear adalah penyedia ban tunggal untuk National Association for Stock Car Auto Racing (NASCAR).



4. Pirelli

ban pirelli

Jika Anda menyukai balapan  F1, maka  Anda akan sangat akrab dengan perusahaan ban asal Italia ini. Ban Pirelli adalah ban yang wajib ada  di garasi tim - tim F1 sejak F1 memutuskan untuk memperkenalkan bandengan traksi kontrol  untuk setiap tim pada tahun 2011. Pirelli saat ini telah di kontrak untuk menjadi penyedia ban F1 hingga akhir musim 2023.

Ternyata mereka juga sangat populer dengan rata-rata pembelian  di seluruh dunia, meskipun banyak dari kita yang tidak suka menonton mobil Formula 1. Didirikan pada tahun 1872,  Pirelli diakui sebagai perusahaan ban dengan  teknologi terdepan dan kualitas tinggi dari produk-produknya. pada 2015 Pirelli dibeli oleh perusahaan China Chem China.

5. Apollo

ban apollo

Ban Apollo adalah merek ban pertama dalam daftar kami tanpa sejarah motorsport. Perusahaan ini  didirikan pada tahun 1972 dan relatif lebih muda dibandingkan dengan pemain - pemain  ban besar lainnya.

Namun demikian, itu tidak menghentikan mereka untuk menjadi salah satu produsen ban terbesar di India atau dari mendapatkan daya tarik yang serius di seluruh dunia di mana saat ini mereka mengekspor ke lebih dari 100 negara.

70% dari pendapatan mereka dihasilkan di pasar  India, di mana ban mereka dengan harga terjangkau  namun berkualitas dan menjadi hit. Selebihnya 25% berasal dari pasar Eropa di mana Apollo memiliki perusahaan ban Vredestein.


6. MRF Tyre ( Madrass Rubber Factory )

ban MRF

Pabrikan ban India lainnya dengan kisah yang mirip dengan Apollo ada MRF. Di India ban ini menempati peringkat  posisi teratas. Secara global, ia berada tepat di belakang Apollo. Didirikan pada tahun 1946, MRF adalah raja ban sepeda motor, motor bebek, skuter dan ban lain untuk kendaraan roda dua di India. Hebatnya,   hampir semua pabrikan di India memilih ban MRF untuk ban OEM kendaran - kendaran produksi mereka.

Seperti halnya ban, MRF memproduksi barang-barang lain termasuk perlengkapan kriket, cat dan ban berjalan. MRF banyak terlibat dalam motorsport dan merupakan satu-satunya pabrikan ban India yang menciptakan ban mobil gaya formula, ban reli dan ban motorcross. Mereka juga perusahaan ban India untuk membuat ban pesawat terbang. Hari ini, MRF mengekspor ke 65+ negara.


7. Continental

Ban continental

Jerman dikenal untuk sebagai negar perancang  mobil berkualitas, dan manufaktur ban mereka juga merupakan standar terbaik. Perusahaan berusia 150 tahun itu tidak hanya memproduksi ban. Continental juga berspesialisasi dalam sistem rem, elektronik otomatis, sistem keselamatan dan komponen powertrain dan sasis.

Keragaman mereka dapat dilihat dengan cara perusahaan terstruktur, dengan lima unit bisnis utama adalah Chassis dan Keselamatan, Powertrain, Interior, Ban dan ContiTech.


8. Dunlop

ban dunlop

Saham Dunlop mayoritas dimiliki oleh Goodyear. Merupakan strategi  cerdik yang dilakukan oleh Goodyear untuk pangsa pasar menengah dengn kwalitas ban Goodyear yang telah diturunkan ke Dunlop. Dunlop juga  memiliki teknologi yang cukup baik untuk produksi ban - ban mereka. 


Sementara Goodyear memiliki dan mengoperasikan merek Dunlop di banyak pasar barat. Dunlop India Ltd menjalankan divisi India dan banyak negara Asia. Di beberapa negara Asia seperti Jepang, Cina dan Indonesia, serta Afrika, Rusia dan sebagian besar Amerika Selatan, Dunlop dioperasikan oleh Sumitomo Rubber Industries.

Pada tahun 1972, Dunlop adalah orang pertama yang mengembangkan ban dengan bead baja, dan tak lama kemudian adalah ia menjadi orang pertama yang mengembangkan ban tahan tusukan ( ban tubeless ).


9. Yokohama

ban yokohama

Yokohama adalah perusahaan Jepang yang didirikan pada 1917 yang memiliki banyak 'pengalaman pertama' di pasar jepang setelah perang dunia ke II. Salah satu produk pertama mereka yaitu termasuk ban salju , ban tubeless pertama dan ban tubeless radial dengan bead baja.

Di Jepang dan banyak daerah lain, Yokohama menggunakan branding ADVAN pada ban performa premium mereka. Terutama,  ban - ban  aftermarket dengan kwalitas  kinerja tinggi. Salah satu ciri khas mereka adalah desain yang berbeda dengan ban - ban laiinya yang mana ini menjadi salah satu daya tarik dan menjadi fokus mereka.


10. Hankook

ban hankook

Hankook, didirikan pada tahun 1941, memiliki kantor pusat di Seoul, Korea Selatan. Mereka mencakup sejumlah besar ban untuk kendaraan ringan dan truk dan dengan demikian menghasilkan sekitar 92 juta ban per tahun.

Hankook juga sangat terlibat dalam memproduksi komponen mobil lain seperti baterai, rem dan roda. Saat ini, Hankook adalah penyedia ban untuk Kejuaraan Formula 3 Eropa, serta seri balap terkenal lainnya di seluruh Eropa.

Hankook baru-baru ini meluncurkan tawaran untuk menjadi penyedia ban tunggal untuk F1, tepatnya pada tahun 2020. Namun sayang, ia  tidak berhasil memenangkan tender melawan penyedia ban F1 saat ini, Pirelli.

Namun demikian, Hankook telah memenangkan kepercayaan banyak pabrikan mobil, dengan ban perusahaan dipasang sebagai ban OEM pada banyak merek dan model,  terumata mobil - mobil Eropa.

Post a Comment for "10 Daftar Merek Ban Mobil Terbaik Tahun 2020"