Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perhatikan 6 Hal Ini Saat Membeli Ban Motor, Dijamin Awet dan Tahan Lama

Ban adalah komponen yang dalam pemakaian waktu tertentu akan mengalami keausan. Keausan yang terjadi pada ban motor mengakibatkan ban menjadi botak dan traksinya menjadi kecil sehingga beresiko besar ban sangat licin. Jika demikian segeralah ganti ban motor Anda dengan yang baru yang sesuai dengan keinginan.

Sepeda motor yang dipakai sehari - hari lebih cepat mengakibatkan ban mengalami keausan. Ini harus Anda siasati saat membeli ban motor baru agar awet dan tahan lama serta yang paling penting adalah meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar.

Harus Anda sadari bahwa mobilitas yang tinggi pada sepeda motor harus diimbangi dengan pemilihan ban yang tepat.

Berikut ini adalah 6 hal yang harus anda perhatikan saat membeli ban motor agar lebih awet dan tahan lama.

1. Pilihlah Ban Motor Dengan Tapak Yang Sedang

memilih tapak ban yang sesuai


Tapak ban adalah bagian ban yang langsung bersentuhan dengan tanah. Mengapa kami menyarankan Anda untuk memilih ukuran tapak ban yang sedang ? ini adalah ukuran paling aman yang bisa anda pilih dengan mempertimbangan konsumsi bahan bakar dan traksi ban terhadap jalan.

Ukuran tapak ban yang besar memang memiliki traksi yang baik, namun ini juga memiliki bobot yang berat sehingga secara tidak langsung akan memberatkan mesin untuk memutarnya. Jelas ini akan menambah boro bahan bakar.

Berbeda dengan ban kecil ( ban cacing ), memang ban ini memiliki bobot yang ringan. Namun faktor keselamatan menggunanakan ban ini relatif kecil karena traksinya yang kurang baik.


2. Memilih Ban Motor  Sesuai Dengan Ukuran Velg

memilih ban sesuai ukuran velg

Ini sangat mendasar sekali untuk memilih ban. Jika Anda baru pertama kali membeli ban, kami sarankan beritahulah kepada penjual mengenai jenis sepeda motor yang anda gunakan. Mereka ( penjual ) sudah sangat paham mengenai ukuran ban - ban standar bawaan sepeda motor.

Jika pun Anda salah membeli ukuran ban, itu tidak terlalu bermasalah bagi penjual karena mereka biasanya akan menggantinya. Tetapi ini bukan cara yang tepat jika harus kembali ke toko dengan alasan salah membeli ukuran ban, malu kan.

3. Bentuk Profil ( Pola )  Ban Motor

memilih profil ban yang sesuai

Ban motor terdiri dari beragam jenis profil ( pola ) yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masing. Untuk menentukan profil ban motor cara mudah, ini tergantung dimana motor Anda akan dipakai sehari - hari. Apakah hanya dipakai didalam kota saja atau jalan berlumpur di perkampungan ?

Kedua jenis medan jalan diatas memerlukan pemilihan bentuk profil ban yang berbeda. Ini agar ban bekerja sesuai dengan fungsinya.


4. Pilih Ban Motor Kering Atau Basah

memilih ban basah atau ban kering

Bagi orang awam ini memang agak sulit dijelaskan, namun jangan khawatir mengenai kedua jenis ban ini. Apakah Anda pernah melihat bapalan motor GP ? pada balapan motor GP terdapat 3 jenis ban yang digunakan yaitu ban basah ( rain ) , ban kering ( slik ) dan ban intermediate.

Ban basah adalah ban dengan profil beralur yang digunakan saat cuaca hujan ketika balapan. Sedangkan ban kering adalah ban yang pola tapaknya ratak ( terlihat seperti ban botak ).

Mengaca pada iklim di Indonesia, maka memilih ban basah adalah pilihan terbaik mengingat hujan yang terkadang tiba - tiba turun serta kondisi jalan yang kurang baik.

5. Lihat Tahun Produksi

melihat kode produksi ban

Bagi orang awam untuk mengetahui ini memang agak sulit. Namun tidak ada salahnya Anda menanyakan langsung kepada penjualnya. Ban yang baik adalah ban dengan masa produksi belum genap lima tahun. Jika Anda belum mengetahui cara membacanya, kami telah membahasnya pada artikel sebelumnya " Cara Membaca Kode Produksi Ban ".

Tapi kan banyak orang yang beranggapan tidak masalah menggunakan ban baru dengan usia produksi sudah lebih lima tahun.. Iya itu memang benar, namun jika ada usia ban baru yang masih fresh mengapa Anda tidak memilihnya.

Jangan mudah tergiur dengan ban - ban murah yang dijual eceran di pinggir jalan. Bisa jadi itu adalah ban - ban yang sudah kadaluarasa dari masa pembuatannya.

6. Pilih Ban Motor Dari Merek Terkenal

memilih ban merek terkenal

Ini adalah point terakhir saat membeli ban motor. Namun lagi - lagi ini berkaitan dengan isi kantong. Kami menyarankan belilah ban dengan kwalitas menegah keatas, selian harganya yang masih terjangkau, faktor keselamatan ban juga maksimal.

Ban buruk dengan harga murah bukan sebuah solusi yang tepat jika kamu mempunyai dana yang cukup. Ban kwalitas buruk akan sangat merepotkan Anda karena beragam kerusakan yang selalu menginti kedepannya. Bukan hanya itu, seringnya terjadi kerusakan pada ban juga akan berdampak terhadap Velg. Jelas ini sangat merugikan.

Post a Comment for "Perhatikan 6 Hal Ini Saat Membeli Ban Motor, Dijamin Awet dan Tahan Lama"