Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Berdirinya Perusahaan Ban Hankook



Perusahaan ban Hankook didirikan pada tahun 1941. Pada awalnya perusahaan ini bernama  ban Chosun dan tepatnya pada tahun 1953 perusahaan berganti nama menjadi Hankook Corporation. . Mereka merupakan perusahaan ban mobil pertama di Korea. Nama Hankook tidak mereka sebutkan asal - usulnya didalam sejarah perkembangan industrinya, namun kami berkeyakinan nama tersebut diambil dari nama Thomas Hancock seorang pendiri industri karet pertama di dunia.

Pada tahun tersebut korea masih menjadi negara yang merintis industriliasi, dimana sarana yang masih kurang mendukung.  Hal ini berlangsung lama sampai akhir perang korea meletus dan Hankook sebagai perusahaan ban perintis tetap memproduksi ban yang bekwalitas dan berteknologi.

para pendiri ban hankook
Awal Berdirinya Ban Hankook Pada tahun 1941

Pada tahun 1960 dan 1970-an, perekonomian Korea berkembang dengan sangat cepat. Ini  sejalan dengan industri manufacture yang juga mengalami pertumbuhan. Pada tahun tersebut, proyek dua jalan tol pertama korea selesai. Era mobil pun dimulai dan Hankook menjadi pemimpin dalam kemajuan trasportasi pada masa itu. 

Pada tahun 1962, Hankook memulai debut pertmanya dengan mengekspor ban  ke Pakistan. Kesuksesan produknya tenyata telah teruji diluar negeri dan pada tahun 1976 mereka mendapat pesanan dari kementerian jalan dan  transportasi Iran senilai 13 juta dolar.

Ekspor Pertama Ban Hankook Ke Pakistan
Ekspor Pertama Ban Hankook Ke Pakistan


Hankook selalu berada di garis depan dalam merancang ban. Bahkan mereka sudah memperkirakan bahwa ban radial akan menjadi populer pada masa yang akan datang. Hankook melakukan pengembangan serius mengenai ban radial.

Pada tahun 1979, Hankook mendirikan pabrik di Daejon yang khusus memproduksi ban radial sebagai langkah investasi. Ban radial memiliki kelebihan dibanding ban bias karena lebih awet, lebih efisien dan telah digunakan di Eropa sejak tahun 1960.

Pabrik Ban Hankook di Daejon
Pabrik Ban Hankook di Daejon
Pada tahun 1980-an, Hankook meningkatkan pasokan ban radial melalui pabrik Daejeon untuk memperluas ekspor ke Amerika Serikat dan Eropa.

Produksi ban nya yang berkwalitas, menjadi kepercayaan bagi perusahaan - perusahaan otomotif dunia. Pada tahun 1991, Hankook menandatangani kontrak pertama dengan Volkswagen untuk memasok ban OE ( original Equipment ). Dan pada tahun 2008, Hankook menjadi pemasok ban OE untuk mobil - mobil Audi.

Terkahir, Hankook dinyatakan sebagai pemasok ban resmi untuk Deutsche Tourenwagen Masters (DTM) di Jerman, salah satu dari tiga kompetisi touring mobil dunia, dan mulai menjadi acuan bagi pusat penelitian dengan peralatan berteknologi maju di tahun 2014.


Post a Comment for "Sejarah Berdirinya Perusahaan Ban Hankook"