Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tekanan Angin Ideal Ban Motor Bebek, Sport Dan Matic

tekanan angin ban motor bebek, matic dan sport


info-ban.blogspot.com - Ban menjadi salah satu komponen pada motor yang memiliki fungsi penting, yang mana ini harus diperhatikan sebelum dikendarai. Ban yang bermasalah akan berdampak pada keselamatan dan ini sangat membahayakan pengemudi.

Salah satu yang sering diabaikan oleh pengendara sepeda motor terhadap ban yaitu melalaikan tekanan angin ban. Kebanyakan pengendara memilih membiarkan tekanan angin ban sepeda motor yang dikendarainya berkurang dari tekanan seharusnya, dengan dalih ini dapat menjadi peredam saat motor melibas jalanan yang tidak rata. 

Bagi orang awam  mungkin ini tidak bermasah, namun ternyata pada faktanya bahwa tekanan angin ban motor yang kurangakan menimbulkan banyak masalah seperti ban akan cepat aus. Bukan hanya itu saja, tekana angin ban yang berlebihan juga akan menyebabkan daya cengkram ( grip ) ban terhadap jalan juga menjadi lebih rendah sehingga sulit untuk dikontrol dan ban bisa pecah.

Jika kondisi velg dan ban dalam keadaan baik, pemeriksaan tekanan angin ban yang direkomendasikan pabrikan yaitu diperiksa per 2 bulan sekali. Akan tetapi jika belum mencapai waktu tersebut merasa kontrol sepeda motor terlalu berat, maka segeralah periksa tekanan anginnya. 

Alasan Mengapa Ban Belakang Motor Lebih Besar Dibanding Ban Depan

Ada 2 jenis ban yang tepasang pada motor, yakni ban depan dan ban belakang. Masing - masing ban memiliki ukuran tekanan angin yang berbeda. Pada umunya, ban motor bagian belakang didesain lebih besar dibanding ban depan. Desain ban belakang yang lebih besar karena fungsinya sebagai penggerak motor dan muatan selalu bertumpuh pada roda belakang. Sebaliknya, desain ban belakang yang kecil karena fungsinya sebatas sebagai pengendali dan agar mudah dikendalikan., 

Tekanan Angin Ideal Ban Motor Bebek

Tekanan angin ban motor bebek yang ideal untuk roda depan  yaitu 29 - 30 Psi, sedangkan untuk ban belakang yaitu pada kisaran 31 - 33 Psi. 

Adapun Merek motor bebek yang ada di Indonesia yaitu :

1. Honda Revo X FI

2. Honda Supra X 125 FI

3. Honda GTR 150

4. Honda Blade 125 F

5. Yamaha Jupiter MX King 150

6. New Suzuki Satria FU 150

7. Honda Sonic 150R

8. Yamaha Jupiter Z1

9. Yamaha Vega Force

10. Suzuki Smash 115 FI

11. MX King 150 Monster Energy Yamaha MOTOGP Edition

12. Super Cub C125

13. TVS NEO XR

Tekanan Angin Ideal Ban Motor Matic

Untuk tekanan ban motor matic yang tidak memiliki beban terlalu berat, tekanan angin ban motor matic untuk roda depan yaitu  28 – 30 psi. Dimana  untuk tekanan 28 psi lebih ditujukan untuk pengendara yang sering bepergian sendirian, sedangkan kalau dibuat berboncengan atau membawa beban berat, maka sangat disarankan untuk memberikan tekanan 30 psi saja supaya lebih nyaman.

Sedangkan untuk tekanan angin ban matic belakang ketika berkendara sendirian itu 31 psi saja sudah cukup, namun jika  membawa beban  berat atau berboncengan, lebih disarankan 33 psi. Ini bertujuan agar permukaan ban tidak terlalu banyak menempel pada permukaan aspal yang menyebabkan tarikan semakin berat.

Adapun Merek motor Matic  yang ada di Indonesia yaitu :

1. Yamaha XMAX 250

2. All New Honda PCX 150

3. Honda Vario 150

4. Yamaha NMAX

5. Yamaha Aerox 155

6. Yamaha Mio S

7. Yamaha Fino Grande

8. All New Honda Scoopy

9. Peugeot Django

10. All New Honda Beat eSP

11. Vespa Primavera I-GET

12. Yamaha X Ride 125

Tekanan Angin Ideal Ban Motor Sport

Dan tekanan angin ban untuk motor sport lebih besar lagi, dimana ini menyesuaikan dengan ukurannya. Ketika lebih sering dipakai berkendara sendirian bisa mengatur tekanannya pada 32 psi untuk ban depan, dan maksimal 34 psi ketika dipakai untuk muatan. Sedangkan ban belakang bisa mengatur tekanannya pada 39 – 41 psi.

Yamaha All New R15

2. Yamaha Xabre

3. Yamaha All New Vixion

4. Yamaha R25

5. Honda All New CB150R

6. Honda CBR150R

7. Honda CBR250RR

8. Honda Verza 150

9. Kawasaki All New Ninja

10.Kawasaki Z20

11.Suzuki GSX-R150

12. Suzuki GSX-S150

Post a Comment for "Tekanan Angin Ideal Ban Motor Bebek, Sport Dan Matic "