Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melihat Keausan Ban Pada TWI ( Tread Wear Indikator )

info-ban.blogspot.com - Tread Wear Indikator ( TWI ) adalah sebuah kode atau tanda yang ada pada setiap ban. TWI sudah menjadi standar pabrikan ban untuk memberikan tanda atau informasi keausan ban yang dibuatnya agar pemilik mengetahui kondisi ban terkini. 

Keuasan ban dapat dilihat dari TWI, namun faktanya masih banyak juga pemilik kendaraan yang masih kebibungan tanda tread wear indikator pada ban mobilnya. Tanda TWI bisa dilihat pada bagian dinding ban ( side ). 

Tanda WTI pada ban berbentuk segitiga, letaknya persis dibibir antara tapak ban dengan bagian samping ban. Seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini :

tread wear indikator ban

Yang perlu diketahui oleh pemilik kendaraan bahwa tanda TWI ini tidak akan aus atau hilang, karena tanda segitiga ini sebagai penanda letak ( posisi ) tread wear indikator. Jadi jangan pernah beranggapan bahwa jika tanda segitiga ini tidak aus maka ban juga belum aus. 

Sedangkan tread wear indikator berada pada bagian tapak ban atau satu garis lurus dengan tanda TWI ( segitiga ). 

tanda keausan pada ban


Seperti yang terlihat pada gambar diatas bahwa tanda segitiga segaris lurus dengan tread wear indikator yang ada pada tapak ban. Biasanya jumlah TWI pada ban berjumlah 3 yang terletak diantara celah ( parit ) tapak ban. 


indikator keausan ban

Untuk melihat keuasan ban maka lihatlah TWI yang ada pada tapak ban bukan tanda segitiga yang ada disamping ban. Jika TWI sudah terkikis, maka ban sudah mengalami keuasan. Namun ini belum tentu ban sudah tidak layak dipakai, karena standar keausan pada ban umumnya 1,6 mm. 

Nilai 1,6 mm ini diukur dari kedalam paritan ban ( celah ) hingga puncak bagian atas TWI atau tapak ban. 

Selain itu hal yang perlu diperhatikan adalah jenis keausan pada ban. Keausan yang normal pada ban akan merata pada setiap bagian telapak ban. Sedangkan keausan yang tidak normal yaitu ban hanya aus pada bagian tertentu saja. Misalkan aus hanya pada bagian dalam ban, bagian luar ban atau bagian tertentu. 

Post a Comment for "Cara Melihat Keausan Ban Pada TWI ( Tread Wear Indikator ) "