Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan ( Guide ) Merawat Dan Memperbaiki Ban Yang Dianjurkan Oleh Pabrikan

panduan cara merawat dan memperbaiki ban


info-ban.blogspot.com - Cara termudah untuk membantu Anda  memastikan jarak tempuh dan kinerja yang memuaskan dari ban kendaraan  Anda adalah dengan melakukan  pemeriksaan  bulanan secara  sederhana untuk mengetahui tekanan udara ( inflasi )  yang tepat,  keausan tapak dan kerusakan pada ban tersebut. 

Berikut ini adalah guide ( panduan ) merawat dan memperbaiki ban yang dianjurkan oleh pabrikan. 

1. Pertahankan Tekanan Udara ( inflasi ) Yang Tepat Pada Ban Anda

Tekanan inflasi yang tepat diperlukan untuk memberikan Anda performa ban terbaik, keamanan, dan penghematan bahan bakar. Ingatlah untuk sering (setidaknya sebulan sekali) memeriksa ban Anda (ketika ban  sudah dingin) dengan alat pengukur tekanan ban yang akurat seperti tyre pressure gauge. Alat ini harganya murah dan mudah untuk digunakan.,

2. Pertahankan Tekanan Inflasi Pada Tingkat Yang Direkomendasikan

Nilai tekanan angin ban  yang direkomendasikan oleh pabrikan dapat ditemukan di stiker pintu pengemudi   atau di buku manual pemilik kendaraan. Menjaga tekanan inflasi yang tepat adalah satu-satunya hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk membantu ban Anda bertahan lebih lama dan tetap tahan lama.

Jika tekanan angin berada dibawah tekanan yang ditentukan, ini  dapat  menyebabkan kerusakan pada ban yang tidak dapat diperbaiki dan dapat mengakibatkan keretakan parah yang pada akhirnya ban akan mengalami kebocoran udara. Selain itu, dampak yang lain adalah dapat mengurangi kekuatan ban, memungkinkan dinding samping ban meregang secara berlebihan, dan meningkatkan tahanan gelinding sehingga  ban  panas dan terjadi  kerusakan mekanis.

Sedangkan jika tekanan angin berlebihan dapat  meningkatkan kekakuan yang  menyebabkan pengalaman berkendara menjadi  tidak nyaman dan menghasilkan getaran kendaraan yang tidak diinginkan. Ini juga meningkatkan kemungkinan dampak kerusakan pada mobil karena getaran yang terlalu keras.

3. Jangan Memaksa Ban Untuk Terus Berputar Pada Jalan Yang Licin

Hindari putaran ban yang berlebihan saat kendaraan Anda terjebak di kubangan lumpur atau pasir. Hal ini dapat menyebabkan ban menjadi terlalu panas dan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki. Gunakan metode gerakan kendaraan maju dan mundur yang lembut untuk membebaskan kendaraan Anda. 

Jangan pernah berdiri di dekat atau di belakang ban yang berputar dengan kecepatan tinggi, misalnya, saat mencoba mendorong kendaraan yang macet atau saat ban dibalancing pada mesin balancing ban. 

4. Periksa Apakah Ban Anda Sudah Aus

Ganti ban saat serivce ketika kedalam yang tersisa 1,6 mm dari tapak ban. Semua ban baru memiliki indikator keausan tapak yang terlihat seperti tepian halus dialur tapak saat aus hingga mencapai 1,6 mm. Kecelakaan bisa saja terjadi ketika memaksa ban yang aus tetap digunakan pada jalan yang licin. Ban yang terlalu aus juga lebih memungkinkan terjadinya kebocoran. 

5. Periksa Ban Anda Apakah Ada Kerusakan

Sering (setidaknya sebulan sekali) pemeriksaan ban Anda untuk mengetahui tanda-tanda kerusakan dan kondisi umumnya penting untuk keselamatan. Jika Anda memiliki masalah mengenai ban, mintalah bantuan kepada dealer ban Anda. Benturan, retakan, simpul, tonjolan, atau kehilangan udara selalu membutuhkan pelepasan ban dan harus diperiksa oleh yang ahli. 

6. Perbaikan Ban Yang Benar

Biasanya perbaikan sepenuhnya menjadi tanggung jawab bengkel dan harus dilakukan sesuai dengan Rubber Manufacturers Association (RMA) yang telah ditetapkan.

7. Peringatan Sistem Pemantauan Tekanan Ban

Lihat Panduan Pemilik kendaraan Anda untuk informasi lebih lanjut tentang apa yang harus dilakukan jika sistem peringatan tekanan ban aktif. 

8. Jangan Mencoba Memasang Ban Anda Sendiri

Cedera serius dapat terjadi akibat ledakan saat memasang  ban / pelek yang diakibat karena prosedur pemasangan yang tidak tepat. Ingatlah untuk mengikuti petunjuk produsen ban Anda dan cocokkan diameter ban dengan diameter pelek. Hanya orang yang terlatih khusus yang boleh memasang ban.

9. Jangan Mencampur Ban Dengan Ukuran Dan Jenis Yang Berbeda Pada Poros Yang Sama

Untuk penanganan dan kontrol terbaik, pabrikan ban  merekomendasikan pemasangan empat ban dengan jenis dan ukuran yang sama seperti yang ditentukan oleh pabrikan kendaraan.

Peringatan

Sebelum mengganti ban Anda, selalu sesuaikan  dengan panduan yang ada pada buku manual kendaraan  dan ikuti rekomendasi ban pengganti dari produsen kendaraan. Penanganan kendaraan mungkin sangat dipengaruhi oleh perubahan ukuran atau jenis ban. 

Saat memilih ban yang berbeda dari ukuran yang aslinya, temui pemasang profesional untuk memastikan bahwa jarak bebas, kapasitas angkut beban, dan tekanan inflasi yang dipilih. Jangan pernah melebihi kapasitas beban maksimum dan tekanan inflasi yang tertera di dinding samping ban. 

Saat mengganti ban, Anda harus menjaga diameter luar dan daya dukung beban dari ban bawaan yang  asli. Tekanan inflasi mungkin perlu disesuaikan untuk menghindari beban berlebih pada ban. 

Post a Comment for "Panduan ( Guide ) Merawat Dan Memperbaiki Ban Yang Dianjurkan Oleh Pabrikan "