Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis - Jenis Ban Loader ( Kendaraan Berat ) Dan Fungsinya

info-ban.blogspot.com - Ban loader merupakan jenis ban yang digunakan untuk kendaraan loader ( kendaraan berat ). Selain itu, ban loader juga memiliki beberapa jenis type dan fungsi yang mana ini harus disesuaikan dengan kebutuhan. 

Seperti kita ketahui bahwa kendaraan loader difungsikan untuk aktifitas - aktifitas yang berat seperti di pertambangan, pembangunan proyek dan lain - lain. Kondisi medan dan jenis pekerjaan tersebut harus mudah dilintasi oleh loader agar pekerjaan menjadi efisien. 

Untuk mendukung hal tersebut maka salah satunya adalah pemilihan ban loader yang tepat. Ada 7 jenis ban loader dengan fungsi dan kegunaan yang berbeda - beda. Ini menjadi pengetahuan penting agar saat membeli tidak salah memilih.

Berikut ini jenis - jenis ban loader dan fungsinya. 

Ban Lug

ban loader type lug


Ban lug  merupakan ban terbaik yang digunakan pada jalan  yang keras dan bertekstur seperti batu beton. Ban jenis ini  dapat memberikan tarikan dan gesekan terbaik sehingga ketika digunakan pada kendaraan loader  dapat bergerak dengan seimbang dan mampu membawa beban tanpa harus membutuhkan banyak tenaga

Selain itu, ban luq juga memiliki kelebihan yaitu membersihkan dirinya sendiri, sehingga ketika harus melewati jalan yang berlumpur maka ban tetap akan memberikan performa terbaiknya. 


Lug Industri

ban loader type lug industri


Ban jenis lug industri merupakan ban multi fungsi. Ban jenis ini dapat digunakan pada segala permukaan jalan,  seperti kontur jalanan yang  keras  ataupun lunak seperti tanah. Karena fungsinya yang fleksibel, ban lug industri cocok untuk semua jenis loader. Terutama loader yang biasa digunakan untuk membuat jalan. Tekstur yang berkualitas serta daya tahan yang kuat merupakan kelebihan dari ban multi fungsi ini.


Turf Pattern

ban loader type turf pattern


Ban jenis turf pattern merupakan salah satu ban untuk kendaraan berat seperti loader yang memiliki pola pada permukaannya. Pola tersebut bentuknya mirip seperti rumput. Karena memiliki pola yang unik, ban turf pattern bisa digunakan pada permukaan beton yang keras dan permukaan tanah yang sensitif seperti tanah berumput.

Ban jenis ini memiliki gaya gesek yang lumayan tinggi dengan permukaan jalan yang dilewati sehingga saat bergerak, ban memiliki tekanan yang sangat rendah. Selain itu, bagian bahu ban turf pattern termasuk lembut dan mampu bergerak dengan seimbang. 

Jadi ketika melewati permukaan jalan yang berumput, kendaraan loader bisa meminimalisasi kerusakan pada rumput tersebut meskipun membawa beban yang berat. 


Skid Skeeter

ban loader type skid skeeter


Skid skeeter atau ban SKD merupakan salah satu jenis ban untuk loader yang memiliki tingkat lapisan tinggi. Ban ini merupakan perpaduan antara 50% gaya gesek dan 50% permukaan yang keras. Jika berbicara soal kualitas dan kemampuannya , maka ban SKD merupakan salah satu yang terbaik.

Sayangnya, ban SKD untuk loader hanya tersedia dalam ukuran kecil sehingga tidak semua kendaraan berat bisa memanfaatkan ban jenis ini. Selain permukaan, kelebihan lain ban SKD terletak pada kemampuannya untuk mengontrol rim sehingga ketika bergerak melewati medan apapun, ban tetap bisa menjalankan fungsinya secara maksimal.


Ban Radial

ban loader type radial


Ban jenis ini termasuk salah satu yang sering digunakan pada loader. Ban radial sendiri memiliki gaya gesek dan stabilitas yang baik. Kemampuan ini dipercaya mampu mengehemat bahan bakar sehingga cukup menguntungkan jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Dari kelebihannya tersebut, ban radial cenderung memiliki harga yang lumayan mahal. Namun harga tersebut dirasa sudah sepadan dengan kemampuan ban radial. Soal kelebihannya, ban ini juga memiliki kontrol yang maksimal saat digunakan pada kecepatan tinggi dan memiliki ketahanan panas yang cukup baik.


Ban Bias

ban loader type bias


Ban bias cocok digunakan pada kendaraan loader yang memiliki intensitas kerja tinggi dan menumpu beban yang berat. Ban bias pada loader bisanya digunakan pada area pertambangan yang berkerikil dan berlubang. Kondisi jalan yang seperti itu memang cenderung berpotensi merusak dinding ban ( sidewall ). Namun demikian, ban bias mudah untuk diperbaiki seperti ditambal. 

Loader yang beroperasi di medan - medan yang ekstrim direkomendasikan menggunakan ban bias untuk mendapatkan performa yang baik dan maksimal. 

Baca juga : 6 Perbedaan antara ban bias dengan ban radial


Ban Solid Loader

ban loader type solid loader


Seperti bias ban solid loader juga sering digunakan pada area kerja yang ekstrem. Pola kembang pada ban ini diyakini mampu memudahkan material terlepas sendiri sehingga jika digunakan pada area berlumpur, ban ini mampu membersihkan dirinya sendiri. 

Kemampuan ini tentu saja  menguntungkan, karena material yang menyangkut di ban biasanya dapat mempengaruhi gaya gesek dan membatasi gerak loader.


Itulah beberapa jenis ban untuk kendaraan berat ( loader ) beserta fungsinya. Jadi untuk mendapatkan kwalitas yang baik sebelum memutuskan untuk membeli ban loader, maka hal yang perlu diperhatikan adalah kondisi medan yang akan dilintasi oleh loader tersebut. 

Pemilihan ban yang tepat akan memberikan keuntungan yang maksimal, sebaliknya pemilihan ban loader yang salah akan memberikan kerugian bahkan dalam waktu lama dapat menimbulkan kecelakaan kerja yang diakibatkan oleh kerusakan pada ban loader itu sendiri. 

Umumnya ban loader bisa digunakan dan bertahan sekitar 2000 sampai 3000 jam pemakaian. Jika ban sudah rusak sebelum waktu yang telah diperkirakan, mungkin ini saatnya untuk menggunakan jenis ban yang sesuai dengan area kerja, loader yang dimiliki, dan kebutuhan yang diinginkan. 

Post a Comment for "Jenis - Jenis Ban Loader ( Kendaraan Berat ) Dan Fungsinya "