Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tekanan Angin Ban Untuk Road Race ( Balapan )

tekanan angin untuk ban road race ( balapan )


info-ban.blogspot.com - Tekanan angin ban saat balapan ( road race ) sangatlah penting. Seperti kita ketahui, ajang balapan adalah ajang untuk mengadu kecepatan setiap motor. Selain mengandalkan tenaga mesin sepenuhnya, traksi pada ban juga menjadi faktor penting yang harus diperhatikan. 

Traksi ban ( grip ) yang baik akan meminimalisir terjadinya slip sehingga ini akan membantu mesin untuk memasimalkan kecepatan dalam memutar roda. Salah satu faktor yang mempengaruhi traksi pada ban terhadap jalan adalah tekanan angin. 

Jadi, tekanan angin saat balapan menjadi salah satu syarat kunci motor dapat berlari dengan kencang dan mudah dilakukan pengontrolan oleh pembalap. 

Tekanan angin pada motor balapan jelas jauh berbeda dengan motor yang dipakai untuk harian. Motor balapan umumnya hanya ditumpangi untuk 1 orang, sedangkan motor yang dipakai harian biasanyaditumpangi lebih dari 1 orang ( saat boncengan ). Sehingga, bagi orang awam tekanan ban motor pakai harian tekanan ban harus keras, sebab alasan tersebut.

Ban motor balapan sangat berbeda dengan ban motor harian dan cara pengukurannya pun tidak disarankan menggunakan perasaan melainkan harus menggunakan alat ukur tekanan yaitu tyre pressure gauge.

Adapun ukuran ideal tekanan ban  untuk jenis motor bebek adalah di kisaran angka 19 - 21 Psi. Ini  umumnya digunakan untuk trek kering. Soal naik turunnya angka, bisa disesuaikan dengan selera, kebutuhan setting dan bobot pembalap. Jika tekanan terlalu keras, akan menyebabkan daya cengkram berkurang dan ini sangat tidak baik saat ditikungan.

Jika cuaca hujan dan trak menjadi basah maka tekanan pada ban harus dikurangi. Tujuannya untuk memaksimalkan daya cengkram ban. Tekanan yang disarankan untuk trak basah yaitu 17 Psi atau disesuaikan dengan kebutuhan. 

Jika dibandingkan dengan standar ukuran untuk ban harian tentu berbeda terlalu jauh  di rentang   28 psi ke atas. Dan perlu diingat bahwa  ini untuk estimasi  motor bebek ukuran ban  90/80. 

Post a Comment for "Tekanan Angin Ban Untuk Road Race ( Balapan ) "