Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tekanan Angin Ban Dump Truck

tekanan angin ban dump truk

info-ban.blogspot.com - Tekanan angin pada ban kendaraan memiliki peran penting terhadap kelancaran berkendara. Bukan hanya itu, faktor keselamatan juga salah satunya ditentukan oleh tekanan angin yang tepat. Dengan demikian, setiap pengendara tidak boleh asal mengisi tekanan angin ban karena ini sangat beresiko.

Apalagi jika kendaraan tersebut adalah kendaraan besar seperti truk yang biasanya digunakan untuk mengangkut barang dengan kapasitas yang sangat berat. Ban truk harus diisi tekanan angin dengan tepat, selain faktor teknis ada juga faktor non teknis yang diuntungkan. 

Tekanan ban truk yang baik akan memperpanjang usia pemakaian ban tersebut. Mengingat, harga ban truk yang mahal, tentunya ini sangat menguntungkan bagi perusahaan - perusahaan jasa angkutan barang. Terlihat sepele, namun ini sangat berguna untuk efisiensi biaya perawatan ban yang nilainya bisa jadi sangat besar.

Sebenarnya, pabrikan telah memberikan informasi yang valid menenai tekanan angin ban truk pada buku perawatan yang didapat ketika baru pertama kali membeli truk tersebut. Namun pada faktanya, ini jarang digunakan dan dimanfaatkan oleh para pengemudi.

Tekanan Angin Ban Dump Truk Dan Truk Canter

Kendaraan besar  dump truck seperti kontainer dan truck gandeng biasanya tekanan angin yang diberikan pada ban tersebut adalah sebagai berikut, yaitu  untuk ban depan 65-80 Psi sedangkan untuk ban belakang 100-120 psi. Tetapi kebanyakan,  biasanya untuk ban dump teruk depan 70 psi dan belakang 110 psi. 

Sedangkan untuk kendaraan besar seperti bus, ban depan 70 psi dan ban belakang 100 psi. Berbeda lagi dengan bus engkel atau truk canter, tekanan ban depannya  65 psi dan ban belakang 75 psi.

Ingat ukuran tekanan angin tersebut bukan suatu keharusan, akan tetapi paling banyak digunakan atau diterapkan pada kendaraan-kendaraan besar, seperti dump truck, kontainer, truck gandeng, truk canter( engkel ) dan  bus.

Dengan mengetahui tekanan angin untuk truk, maka ini bisa menjadi rujukan pada para pemilik atau pengemudi untuk mengontrol tekanan angin agar sesuai. 

Post a Comment for "Tekanan Angin Ban Dump Truck"