Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Memilih Ban Truk Dan Bus Sesuai Dengan Kebutuhan

tips memilih ban truk dan bus sesuai dengan kebutuhan

info-ban.blogspot.com - Pada saat memutuskan  membeli ban baru untuk mobil - mobil besar seperti truk dan bus, maka hal yang perlu diperhatikan sebelum membelinya adalah memahami jenis ban apa yang cocok dan berkualitas bagi kendaraan tersebut. Karena hal ini menyangkut akan keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara. 

Secara umum, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan untuk memilih ban truk dan bus. Salah satunya adalah mengetahui jenis - jenis ban, yang mana jenis ban ada dua jenis yaitu ban bias dan ban radial

Ban bias terbuat dari karet kuat dan tebal dengan alur pada dinding samping ban, serta permukaannya terbuat dari jalinan benang yang ditenun secara menyilang. Sedangkan, ban radial terbuat dari karet yang lebih lembut dan lentur tanpa alur, serta bertapak tidak terlalu tebal dan berpermukaan halus.

Selain mengetahui jenis ban, maka untuk mendapatkan ban yang sesuai kebutuhan ada beberapa poin yang perlu diperhatikan. 

1. Faktor Keselamatan

hal pertama dan yang terpenting untuk diperhatikan saat memilih ban adalah utamakan keselamatan dan keamaan. carilah ban yang saat dipakai handling, pengereman atau hydroplaning memiliki kwalitas terbaik. bagaimanapun kesemalatan menjadi faktor utama yang harus diperhatikan.

2. Baca Petunjuk Yang Ada

Jangan mudah tergodah dengan harga ban yang murah, pastikan ban truk atau bus yang Anda pilih memiliki jaminan yang diberikan oleh pihak produsen seperti adanya jaminan ganti rugi bila ban mengalami kerusakan ataupun masalah dalam jarak tempuh yang kecil. 

Biasanya semakin jauh jarak tempuj pada ban maka nilai penggantian untuk produk ban tersebut juga semakin kecil. Selain itu, jaminan produsen terhadap produk ban biasanya juga hany amencangkup kerusakan yang diakibatkan penggunaan regulerdan bukan sebab kerusakan jalan atau bahaya jalan. Inilah mengapa penting untuk membaca secara detail tentang petunjuk yang ditetapkan oleh produsen.

3. Mengetahui Ukuran Ban

Ini menjadi hal penting untuk diperhatikan saat membeli ban truk atau bus. Pastikan Anda mengetahui tipe dan ukuran ban yang direkomendasikan oleh pabrikan kendraan tersebut. Cara mengetahuinya pun cukup mudah, bisa dilakukan pengecekan pada bagian stiker yang tertempel di laci kendaraan atau penutup tangki bahan bakar, selain itu ketengan ini juga ada di buku panduan pemilik. Memilih ban yang sesuai dengan tipe dan ukuran yang direkomendasikan pabrikan kendaraan akan jauh lebih aman.

4. Mendapatkan Harga Yang terbaik

Bila spesifikasi ban yang dibutuhkan telah sesuai, maka yang tidak boleh dilupakan adalah mempertimbangkan berapa harga ban tersebut. Biasanya, masing - masing distributor ban akan meawarkan harga yang bervariasi. Ketika ban yang Anda pilih dibandrol dengan harga cukup tinggi, tidak ada salahnya untuk melakukan perbandingan dengan beberapa penyedia produk ban yang sama. Pastikan pula bahwa harga yang tercantum apakah sudah termasuk ongkos balancing, mountung serta katup baru.

5. Jangan Ragu Untuk Memiliki Merek Ban Yang  Sudah Teruji Kwalitasnya

Merek - merek ban yang berkwalitas biasanya akan menawarkan harga sedikit lebih tinggi dibanding dengan ban - ban kwalitas biasanya. Dalam hal ini, Anda patut mempertimbangkan karena ban dengan kwalitas terbaik akan memberikan keuntungan dalam jangka panjang. 


Lebih jeli dan teliti dalam membeli ban jelas akan lebih menguntungkan, mengingat harga ban turk atau bus lumayan mahal. Karenanya, belilah ban sesuai dengan kebutuhan. 

Post a Comment for "5 Tips Memilih Ban Truk Dan Bus Sesuai Dengan Kebutuhan"