Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Pentingnya Flap/Marset Untuk Ban Truk

fungsi flap/marset untuk ban dalam


info-ban.blogspot.com - Fungsi flap/marset atau banyak orang mengatakan pelindung ban dalam  seringkali  dipandang sepeleh dan tidak berguna oleh beberapa orang. Padahal  flap tire pada ban mobil mempunyai fungsi yang penting dan ini harus Anda pertimbangkan untuk memasangnya.

Khusu untuk ban truk, keberadaan flap tire menjadi sangat vital karena truk merupakan jenis kendaraan yang secara khusus memang dibuat untuk memuat beban yang sangat berat berat. Tidak dapat dipungkiri bahwa ban menjadi kunci akan keamanan dan kenyaman dalam berkendara.


Harus diketahui bahwa ban adalah bagian dari truk yang langsung bersentuhan dengan permukaan jalan. Selain itu  ban juga ditopang oleh velg yang keduanya saling mendukung satu sama lain yang kita sebut sebagai roda.

Saat truk berjalan dalam waktu yang lama dan menempuh jarak yang jauh serta membawa muatan yang berat, maka ban dan velg ( roda ) akan menahan beban tersebut yang dibagi rata kesemua roda. Karena kerja roda yang berputar, maka velg akan mengeluarkan suhu panas.

Panas yang dikeluarkan oleh velg jika dibiarkan terus menerus akan merugikan ban dalam. Ini karena panas yang dikeluarkan oleh velg tidak dapat keluar dan akan terserap oleh ban dalam ( tube ). Dampaknya, ban dalam akan cepat mengalami kerusakan.

Pentingnya Flap/Marset Untuk Melindungi Ban Dalam

Flap / marset didesain khusus  dan dibuat untuk melindungi ban dalam dari panas yang ditimbulkan oleh velg. Pada umumnya, flap tire atau pelapis ban dalam, terbuat dari material karet yang cukup tebal.

Flap ini berfungsi sebagai penghambat panas dari velg agar tidak mengalir ke ban dalam. Flap tire  dipasang dengan cara mengelilingi atau membalut velg. Untuk truk yang masih menggunakan ban standar, flap tire yang dgunakan biasanya berdiameter 16 inchi.

Hal yang perlu  Anda ketahui jika  ingin membeli flap tire untuk truk, maka pastikanlah flap tire yang sesuai dan dapat mengakomodir kebutuhan Anda. Anda harus benar - benar memilih jenis flap tire atau pelapis ban dalam yang berkwalitas baik. Karena pada faktanya, saat ini banyak dijual flap tire dengan kwalitas buruk dan ini tidak bermanfaat.

Beberapa bengkel spesialis ban biasanya membuat flap/marset sendiri dengan  memanfaatkan ban dalam bekas yang sudah tidak terpakai dan memotongnya. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa ketebalan flap lebih tebal, sedangkan ban dalam lebih tipis, jadi jelas secara fungsi tidak akan maksimal.

Alangkah baiknya Anda langsung membeli flap/marset khusus untuk ban truk. Sat ini sudah banyak dijual di online shop. Harganya juga tidak terlalu mahal kisaran 50 ribu hingga 100 ribu rupiah.


Disarankan agar tidak melakukannya karena perlu diketahui bahwa flap tire harus memiliki ketebalan yang lebih dari ban dalam dan terbuat dari karet yang memiliki compound lebih keras. Oleh karenanya, sebaiknya Anda memang secara khusus menggunakan Ban Flap Untuk Truk

Post a Comment for "Mengenal Pentingnya Flap/Marset Untuk Ban Truk"