Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghitung Kekuatan Ban Saat Mengangkat Beban

info-ban.blogspot.com - Ban menjadi komponen yang berperan penting pada setiap kendaraan untuk menghasilkan kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Fungsinya yang langsung bersentuhan dengan tanah, ban memiliki resiko kerusakan yang besar akibat kesalahan dari penghitungan beban yang salah.

Pada ban terdapat kode - kode yang mengindikasikan semua informasi tentang ban. Salah satu kode yang terdapat pada ban adalah load index atau kapasitas maksimum 1 ban dalam mengangkut beban. Kode ini sangat penting agar pengemudi bisa mengestimasikan berapa beban maksimum yang dapat diangkut pada kendaraan tersebut.

Jika Anda merasa bahwa menghitung beban maksimum setiap ban merepotkan, faktanya metode menghitung ini sangat sederhana. Misalkan pada ban ban dibawah ini,




Seperti yang telah dijelaskan diatas, dari keterangan kode ban diatas kita bisa mengetahui beberapa informasi mengenai ban tersebut.


195lebar ban dalam satuan milimeter ( 19,5 cm   )
55aspek rasio tinggi dinding ban 55 % dari   lebar tapak ban ( 55/100 x 19,5 = 10,72 cm )
RJenis ban Radial
16Diameter ring atau Velg dalam satuan inchi (   16 Inchi )
87Load Index beban   maksimum setiap ban
VKecepatan maksimum   yang diijinkan

Sesuai dengan judul diatas mengenai cara menghitung kekuatan ban mengangkat beban maka fokus kita hanya pada tabel yang berwarna kuning saja. Tertulis kode load index 87, ingat ya ini adalah kode dan bukan angka mutlak kekuatan ban ( mungkin ada yang beranggapan 87 Kg, ini salah ). 

Kita akan melihat kode load index 87 berapa kilogram beban yang sanggup diangkut. 

Dari tabel load indek diatas bahwa kode 87 dapat mengangkut beban seberat 545 Kg. Jika pada kendaraan tersebut memiliki 2 sumbu dengan jumlah ban sebanyak 4 maka berat total yang bisa ditumpuh oleh seluruh ban yaitu 545 Kg x 4 ( jumlah total ban ) =  2180 Kg ( 2,180 Ton ). 

Apakah sudah selesai ? belum. Berat tersebut dikurangi berat bersih kendaraan tanpa beban. Misalkan berat mobil tersebut 1000 Kg, maka berat beban yang boleh diangkut maksimal pada kendaraan tersebut yaitu 2180 kg  - 1000 kg = 1.180 Kg ( 1,180 Ton ). 

Pada kecepatan berapa agar ban masih aman saat mengangkut beban 1.180 Kg ? jawabnnya kita lihat pada tabel speed symbol  ban. 


Dari tabel diatas bahwa kode V memiliki arti kecepan maksimum 240 Km/jam. 

Kesimpulannya : 

Ban tersebut sangat ideal untuk menanggung beban seberat 1.180  kg  pada kecepatan konstan 240 km/jam dipacu secara terus-menerus, dengan tekanan angin yang tepat. 

Sepertinya kecepatan 240 Km/jam tidak akan mungkin dicapai di Indonesia, mengingat banyak faktor yang harus dipertimbangan. Jika kecepatannya lebih lambat ( < 240 Km ) maka beban yang ditumpu juga bisa ditambah. 

Post a Comment for "Cara Menghitung Kekuatan Ban Saat Mengangkat Beban"