Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ukuran Standar Tekanan Angin Ban Mobil

ukuran rata - rata tekanan angin ban mobil



info-ban.blogspot.com - Ukuran tekanan angin adalah faktor penting yang harus diketahui oleh pengendara atau pemilik mobil. Dalam pemakaian sehari - hari, ban mobil harus tersisi tekanan standar agar berkendara menjadi lebih aman dan nyaman.

Bagi Anda yang baru pertama kali memiliki mobil, selalu memperhatikan tekanan angin ban memiliki manfaat yang besar. Sehingga penting untuk diketahui berapa tekanan standar tekanan angin ban mobil Anda. Ini akan memudahkan Anda ketika akan menambah tekanan angin di tempat pengisian angin atau tambal ban.

Tekanan angin ban mobil tidak boleh terlalu kurang ( kempes ) ataupun terlalu besar ( keras ), karena kedua nya akan sama-sama berakibat buruk terhadap mobil ataupun ban itu sendiri. Ban menjadi satu-satunya  komponen pada mobil yang langsung bersentuhan dengan jalan.

Proses menempelnya ban ke jalan disebut sebagai traksi ( gaya gesek ), ketika tekanan angin ban kurang maka gaya geseknya akan terlalu besar dan ini akan membebani mesin agar bekerja lebih keras sehingga dampaknya mesin menjadi boros bahan bakar. Bukan hanya itu, kerusakan ban juga akan lebih cepat.

Sedangkan jika ban terlalu keras, traksi yang dihasilkan semakin kecil dan ini sangat berbahaya saat kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi. Kontrol kendaraan akan menjadi berkurang dan bisa berakibat fatal. Selain itu, tekanan ban yang keras juga akan membuat sisi luar bagian ban menjadi cepat menipis.

Bagi yang belum mengetahui tekanan ban, bahwa ukuran tekanan ban depan dengan ban belakang berbeda pada setiap kendaraan. Ini dipengaruhi oleh letak beban pada kendaraan, misalnya mobil dengan mesin didepan maka beban pasti lebih besar didepan. Sehingga pada ukuran ban tertentu, ban depan mobil bisa lebih besar dibanding ban mobil bagian belakang.


Sebagai contoh misalnya mobil berpenggerak FF ( Fron enggine Front Drive) / mesin didepan berpengegrak roda depan, yang mana beban kendaraan dominan berada didepan. Biasanya untuk tekanan angin jenis kendaraan ini, tekanan ban depan lebih besar 2 Psi daripada ban belakang.

Namun  ada juga  tekanan ban belakang  sama besar dengan  ban depan. Misalkan saja Toyota All New Kijang Innova yang memiliki jenis penggerak FR ( Front enggine Rear Drive )  / mesin didepan berpenggerak roda belakang. Pada bagian belakang terdapat komponen yang berat seperti difrensial dan poros profeler.

Ukuran ban standar Toyota Innova yaitu 205/65 R16, yang mana tekanan ban angin depan maupun belakang sama yaitu 33 Psi. Ini dipakai jika jumlah penumpang 5 orang atau lebih sedikit, sedangkan jika ditumpangi oleh 7 orang ( mobil seven seater ) maka tekanan angin ban depan dan belakang dinaikkan menjadi 36 Psi.


Untuk mengetahui ukuran standar tekanan angin ban mobil, berikut ini daftar tekanan angin standar untuk beberapa jenis ukuran mobil.


1. Tekanan Angin Mobil SUV  ( Sport Utility Vehicle )

Contoh mobilnya Toyota Fortuner,Toyota Land Cruiser,Toyota All New C-HR, Toyota  Rush. Daihatsu Terios, Nisan X trail, Hyundai Tucson dll. Ukuran standar tekanan angin ban mobil SUV ayaitu 30 - 33 Psi.

2. Tekanan Angin Mobil Pick-Up ( Niaga )

Contoh mobil ini adalah mobil - mobil kecil bak terbuka ataupun angkutan umum. Tekanan standart tekanan angin ban mobil Pick Up / niaga   yaitu 30 - 35 Psi.

3. Tekanan Angin Mobil City Car ( Perkotaan ) 

Mobil city car adalah mobil - mobil dengan ukuran kecil sangat baik digunakan untuk jalanan perkotaan. Contoh mobil city car yaitu Honda Jazz, Toyota Yaris, Suzuki Baleno, Chevrolet Spark, Suzuki Ignis, KIa Rio, VW Volo, Honda Brio dll. Tekanan standart tekanan angin ban mobil city car  yaitu 29  - 32 Psi.


Baca juga : Cara menghitung kekuatan ban saat mengangkat beban 

4. Tekanan Angin Mobil Sedan


Mobil Sedan tidak jauh berbeda dengan mobil city car, hanya yang membedakannya adalah bagian belakangnya saja yang memiliki tambahan ruang bagasi. Contoh mobil sedan yaitu Honda All New City, Toyota Camry, Toyota New Vios, Honda Civic, BMW 3 Series, Honda Accord, Mercedez-Benz E-Clas, BMW 5 Series dan lain - lain. Tekanan standart tekanan angin ban mobil sedan  yaitu 29  - 32 Psi.

5. Tekanan Angin Bus

Ukuran Tekanan angin ban bus yaitu  ban depan 70 Psi dan ban belakang 100 Psi. Sedangkan tekanan angin bus  engkel yaitu ban depan 65 Psi dan ban belakang 75 Psi.

6. Tekanan Angin Truk Besar 

Tekanan angin truk besar contohnya adalah mobil kontainer dan truck gandeng biasanya tekanan angin yang diberikan pada ban tersebut yaitu  ban depan 65-80 psi sedangkan untuk ban belakang 100-120 psi.




Diatas adalah tekanan angin ban mobil rata - rata, sedangkan untuk mengetahui pasti tekanan  ban ideal pada setiap mobil maka lihatlah angka yang tertera  pada bagian dinding ban.  Atau jika ban mobil adalah  standar pabrikan, Anda  bisa melihat nilai tekanan angin ban pada sticker yang tertempel pada bagian bawah pintu driver. Atau bisa juga dengan Kamu juga bisa melihat tekanan angin ban yang ideal di buku panduan mobil.

Post a Comment for "Ukuran Standar Tekanan Angin Ban Mobil "