Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memasang Ban Baru Pada Sepeda Motor

4 hal yang harus diperhatikan saat ganti ban


Ban adalah komponen penting pada setiap kendaraan yang wajib diperhatikan oleh pemilik. Kerusakan ban yang sering terjadi adalah ban yang tipis, ini karena pemakaian yang sudah terlalu lama.

Jika demikian, maka ban harus segera diganti dengan yang baru agar tidak menimbulkan bahaya bagi kendaraan tersebut. Dimana ban yang sudah tipis akan sangat rawan menjadi penyebab terjadinya kecelakaan karena grib yang rendah.

Adapun 4 Hal yang harus diperhatikan saat memasang ban baru yaitu :

1. Arah putaran ban

Sangan banyak yang tidak memerhatikan yang satu ini. Padahal itu berbahaya, grip ban berkurang dan malah cepat aus. Banyak yang menganggap pemasangan ban depan dengan arah rotasi terbalik bisa memperkuat pengereman. Itu tidak pas buat motor kecil,  hanya berlaku pada moge.
Maka pastikan ban terpasang sesuai dengan arah rotasinya. Karena untuk motor biasa ban dirancang untuk membuang air sesuai rotasinya. Terutama kerika hujan dan jalanan jadi  basah.

2. Rim line atau bibir ban

Pastikan rim line sejajar dengan velg. Tahu kan rim line. Itu loh, garis di bibir ban. Usahakan garis ini sama dengan lingkar velg, nggak ada yang menjauh dan mendekat. Jika tidak, ban akan terasa oleng. Jika mengalami hal ini, kempiskan  ban tersebut, sesuaikan lagi posisi ban, lalu isi lagi dengan udara atau nitrogen.


3. Tekanan udara

Gunakan tekanan angin yang direkomendasikan, baik menggunakan angin atau nitrogen maupun mengendarai motor sendiri atau berboncengan, tetap gunakan tekanan angin yang direkomendasikan. Rekomendasi tekanan angin ban FDR adalah 29 psi untuk ban depan dan 33psi untuk ban belakang. Tekanan angin ban depan dan ban belakang bisa ditambah atau dikurangi hingga 2 psi untuk disesuaikan dengan kenyamanan pengendara.


4. Perhatikan velg yang digunakan

Jika menggunakan ban tubeless HARUS menggunakan pelek tubeless juga. Gampang melihatnya, di velg tubeless selalu tertulis TUBELESS. Pada bibir velg tubeless juga ada tonjolan yang berfungsi untuk mengunci bibir ban. Guna kunci ini agar ban tidak terlepas saat motor melaju dalam kecepatan tinggi atau membawa beban berat.

Post a Comment for "4 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memasang Ban Baru Pada Sepeda Motor"