Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Penyebab Yang Mengakibatkan Kebocoran Pada Ban Motor

Saat sedang asyik - asyiknya berkendara dengan sepeda motor dan tiba - tiba salah satu ban mengalami kebocoran,  maka itu sangat mengesalkan. Ditambah dengan kondisi yang tidak memungkinkan seperti terik panas pada siang hari dan tempat tambal ban yang belum kelihatan, ini sungguh - sungguh sangat tidak menyenangkan.

Kebocoran ban memang tidak dapat diprediksi, karenanya Anda sebagai pemilik motor hanya bisa meminimalisir agar motor kesayangan tidak mengalami kebocoran yang mendadak.

Berikut ini adalah 9 Penyebab yang mengakibatkan  kebocoran pada ban motor.

Penyebab 1. Sering Kekurangan Angin

ban bocor karena sering kempes

Ban yang kekurangan angin ( kempes ) akan mengakibatkan bentuk ban menjadi berlipat, ini terjadi pada ban luar dan ban dalam. Melipatnya ban akan menambah beban kerja pada ban dalam memikul beban. Selain itu, kondisi jalan yang berlubang atau polisi tidur akan memperparah kondisi ban.

Oleh sebab itu, jika Anda mengetahui ban dalam kondisi kempis maka segeralah isi angin dengan tekanan yang dianjurkan. Pengisian angin pada ban bisa dilakukan per dua minggu sekali untuk menjamin tekanan ban stabil setiap saat.

Penyebab 2. Ban Sudah Tipis

ban bocor karena ban gundul

Ban yang sudah dipakai dalam waktu lama akan mengakibatkan keausan ( botak ) pada bagian tapak ban. Perikalah kondisi tapak ban dengan rutin, jika ban sudah kelihatan tipis segeralah ambil tindakan untuk mencegah ban mengalami kebocoran yang sering.

Selain itu, ban tipis juga mengakibatkan traksi ban menjadi berkurang. Efeknya sangat berbahaya jika dipakai pada jalan yang basah.

Penyebab 3. Tertusuk Benda Tajam

ban bocor karena tertusuk benda tajam

Bagi para pengguna ban tubeless, untuk kasus ini mungkin sedikit diuntungkan karena ban tidak langsung kempes. Namun bagi pengguna ban konvensional, ini sangat menjengkelkan.

Namun untuk meminimalisir ban tertusuk benda tajam, hindarilah menggunakan bahu jalan ( pinggiran aspal ). Benda - benda tajam yang ada ditengah jalan akan tersapu ke badan jalan. Jika kita sering melewati jalan ini, kemungkinan ban mudah tertusuk benda tajam.

Penyebab 4. Ada Benda Asing Diantara Pelek Dan Ban

ban bocor karena ada kotoran antara ban dan pelek

Salah satu penyebab bocornya ban sepeda motor yang cukup mengejutkan adalah butiran pasir yang menumpuk. Penumpukan terjadi antara ban dan pelek sehingga gesekan antara ban menimbulkan celah. Ini akan membuat tekanan ban akan bocor pada jenis ban tubeless.

Rajin -rajinlah membersihkan bagian saat Anda mencuci motor. Dan pastikan tidak ada pasir atau kotoran lain yang menempel pada bagian antara ban dengan pelek.

Penyebab 5. Pentil Kendor

ban bocor karena pentil kendor

Pentil berfungsi sebagai katup untuk mengisi tekanan ban. Pentil pada ban bisa dibuka dan dipasang layaknya baut. Pastikan pentil sudah tepasang dengan rapat saat selesai menambal ban.

Untuk mengecek kebocoran pentil juga sangat mudah, caranya siramkan air diatasnya dan pastikan tidak keluar bui - bui dari celah pentil.

Penyebab 6. Tidak Ada Penutup Pentil

ban bocor karena tidak menggunakan tutup pentil

Penutup pentil memasang terkesan sepele fungsinya. Namun penutup pentil ini berperan penting agar kotoran tidak masuk ke dalam pentil. Bukan hanya itu, tutup pentil juga mencegah agar air tidak merembes ke pentil yang dapat mengakibatkan pentil menjadi karat dan keropos.

Penyebab 7. Kwalitas Ban Yang Buruk

ban bocor karena kwalitas ban jelek

Ban - ban dengan kwalitas buruk terbuat dari bahan yang mudah rusak. Jadi, belilah ban - ban dengan merek terkenal yang sudah teruji kwalitasnya. Selain itu, hindarilah penggunaan ban bekas yang dijual dengan harga lebih murah.

Penyebab 8. Pelek Bermasalah

ban bocor karena kwalitas velg  jelek

Ketika ban motor Anda memiliki kondisi yang baik tetapi masih sering mengalami kebocoran, maka Anda harus patut curiga dengan kondisi pelek. Kerusakan pelek terjadi karena masa pakai yang sudah terlalu lama.

Secara fisik bisa kita lihat apakah ada pengkroposan yang terjadi disekitar pelek. Pengkroposan pada pelek cenderung berbentuk tajam sehingga dapat merobek ban dengan mudah.

Selain itu, ukuran pelek yang tidak sesuai dengan ukuran ban juga mengakibatkan kebocoran pada jenis ban tubeless. Jadi pastikan keduanya mempunyai ukuran yang sama sebelum Anda memasangnya.

Penyebab 9. Faktor Berkendara

ban bocor karena teknik mengemudi yang salah

Sebaik apapun kwalitas ban dan pelek motor Anda, namun dibawa dengan teknik pengemudian yang buruk, tentu saja hal itu akan mengakibatkan ban bocor. Pengemudian yang baik adalah memahami kecepatan kendaraan yang disesuaikan dengan kondisi jalan.

Motor yang berlari kencang dan melewati lubang akan mengakibatkan tumbukan yang kuat antara ban dan pelek. Ini bisa menjadi pemicu terjadinya kebocoran.

Post a Comment for "8 Penyebab Yang Mengakibatkan Kebocoran Pada Ban Motor"