Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Patut Di Coba, Cara Miskin Mengilatkan ( Menghitamkan ) Ban Motor Dan Ban Mobil

Memiliki tampilan ban motor  dan ban mobil yang selalu menghitam dan mengkilat adalah idaman bagi para rider. Ini wajar karena ban merupakan komponen pada motor yang langsung bersentuhan dengan tanah dan rawan terhadap kotoran.

Debu dan lumpur menjadi penyebab tampilan ban menjadi kurang menawan. Mau tidak mau maka pemilik harus sering - sering membersihkan ban agar tetap bersih dan kinclong.

Bagi sebagian orang, untuk merawat ban agar tetap menghitam dan terlihat kinclong harus dibayar dengan mahal. Ya, mereka akan terus menerus menggunakan pengkilat/semir ban. Dipasaran terdapat banyak sekali merk semir ban yang dijual.

Namun biasanya, semir - semir dari pabrikan ini tidak cukup lama untuk menjaga ban agar tetap sedap dipandang. Terlebih jika motor sering melewati jalan yang berdebu dan berlumpur. Sudah pasti harus sering - sering menggunakan produk tersebut.

Selain menggunakan semir buatan pabrik, sebenarnya ada cara yang bisa kita lakukan untuk membuat ban motor menjadi hitam dengan menggunakan bahan alami dengan memanfaatkan  bahan - bahan yang ada disekitar kita.

Selain tidak mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk membeli semir, membuat semir ban dari bahan alami ini cukup mengeluarkan sedikit uang atau bahkan gratis .

Cara murah meriah yang bisa kita gunakan adalah menggunakan minyak goreng. Ya, benar Anda sedang tidak salah mendengarnya.


Selain fungsinya untuk menggoreng, ternyata minyak goreng mempunyai nilai manfaat terpendam yang selama ini belum kita kehatui.

Minyak goreng adalah bahan yang terbuat dari kelapa sawit, tidak ada kandungan senyawa kimia didalamnya. Jadi Anda  tidak perlu khawatir dari dampak negative yang ditimbulkan terhadap ban sepeda motor atau mobil Anda.

Berikut ini adalah langkah - langkah mengilatkan ban dengan minyak goreng :


1. Bersihkan Ban

Bersihkan ban yang kotor dengan menyiramkan air yang dicampur dengan sabun cuci piring ( jangan detergen ). Gosoklah dengan pelan menggunakan sikat dan pastikan tidak ada sisa - sisa kotoran yang menempel di dinding ban.

2. Siapkan Minyak Goreng

Untuk mengilatkan ban, Anda tidak perlu banyak - banyak menyiapkan minyak goreng. Cukup dengan 1/4 gelas minyak goreng.

Oh ya, hal penting yang harus Anda ketahui adalah gunakanlah minyak goreng yang masih baru. Jangan minyak goreng bekas. Sebab minyak goreng bekas akan menimbulkan bau yang tidak sedap dan ini akan menimbulkan ketidaknyamanan.

3. Siapkan Spone Dan Kain Lap

Kedua bahan ini digunakan untuk mengoleskan minyak goreng pada bagian dinding ban ( side wall ). Oleskan secara merata pada bagian kanan dan kiri dinding ban serta lihatlah hasilnya.

4. Minyak Goreng Jangan Mengenai Tapak Ban

Seperti kita ketahui bahwa salah satu sifat minyak goreng adalah licin. Jadi saat Anda mengoleskan minyak goreng ada kedua sisi dinding ban pastikan tidak ada cairan minyak goreng yang menempel pada bagian tapak ban.

Gunakan spone dan kain lap untuk membersihkan permukaan tapak ban agar tidak licin dan ini sangat membahayakan.

Selain mengilatkan ban, ternyata minyak goreng juga bisa Anda gunakan untuk mengilatkan komponen - komponen yang berdekatan dengan ban seperti sock breaker atau penutup ban.

Post a Comment for "Patut Di Coba, Cara Miskin Mengilatkan ( Menghitamkan ) Ban Motor Dan Ban Mobil"