Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berniat Pasang Ban 140/70 DI Motor PCX 150 ? Simak Biar Tidak Nyesal

mengganti ban pcx standar dengan ukuran 140 per 70

Tidak dapat dipungkiri Indonesia menjadi salah satu maget penjulan sepeda motor terbesar di Asia Tenggara. Ini wajar karena memang pangsa pasar Indonesia saat ini yang lebih dominan penduduknya adalah generasi muda. 

Honda PCX adalah satu satu merek yang menjadi primadona bagi kalangan muda - mudi. Tak ayal, beragam modifikasi pun selalu disematkan oleh sang pemilik untuk mempercantik penampilan tunggangannya. 

Salah satu modifikasi yang paling ringkas adalah mengganti ban sepeda motor dengan ukuran yang berbeda dari standar nya. PCX dengan body bongsor tentunya akan sreg jika diganti dengan ukuran ban yang lebih besar. 

Baru - baru ini seorang anggota grup PCX 150 berencana akan memasang ban ukuran 140/70 di motor kesayangnnya. Selain itu, ia juga berencana akan mengganti sock breaker bawaan diganti dengan sock tabung. 

Oh ya, bagi yang belum pahan ukuran ban 140/70 ini mempunyai ukuran lebar tapak 140 mm ( 14 cm ) dan tinggi ban 70 mm ( 7 cm ). Kira-kira ukurannya seperti pada gambar dibawah ini. 

ukuran ban motor 140 per 70


Jelas sebagai orang awam ada rasa kekhawatiran karena ukuran ban yang semakin besar ditambah pemasangn sock breaker tabung. Bagi yang belum paham pasti akan beranggapan ini akan bertabrakan atau minimal bergesekan. Apakah demikian hasilnya ? simak penjelasan dibawah ini. 

Salah satu pengguna ada yang menuturkan bahwa jarak ban sangat mepet dengan crankcase. Ban yang digunakan adalah merek IRC 140/70.  

ban ukuran 140 per 70 meper banget


Dari pemaparan yang lain, jika digunakan tidak menyentuh berarti itu aman. Namun itu akan berbeda kondisi jika dipakai berboncengan. Jadi pastikan tidak ada bentuk gesekan yang terjadi pada ban. 



Dari sekian banyak komentar, ternyata ada salah seorang pengguna yang sudah mencobanya dengan mengganti ukuran ban 140/70 serta sock breaker diganti yang jenis tabung. 

Menurut penuturan dia, ternyata itu tidak masalah sama sekali. Berikut penampakan PCX yang dipasang ban ukuran 140/70 plus sock breaker bertambung. 

pcx menggunakan ban ukuran 140 per 70 sock tabung

pcx menggunakan ban ukuran 140 per 70 sock tabung

Jadi menutur pengguna bahwa ukuran ban tersebut masih aman ketika sock menggunakan yang jenis tabung. 

Namun demikian, penggantian ban besar ini akan memaksa mesin bekerja lebih keras. Wajarlah, berat ban semakin bertambah maka mesin juga semakin boros. Tenang, jangankhawatir karena sebelum Anda memilih untuk mengganti ban maka pastikan CVT sudah di uprage.

Dari penuturan Den Pamungkas, sang pemilik yang berencana memasang ban ukuran tersebut juga sudah meng upgrade CVT nya. 

pcx menggunakan ban ukuran 140 per 70 sock tabung


Jadi sudah jelas ya, jika Anda ingin mengganti ukuran ban standar PCX 150 menjadi menggunakan ukuran 140/70 itu masih aman - aman saja. 

Dan yang perlu diingat, pastikan CVT Anda sudah di Upragrade agar mesin tidak ngempos saat dibawa ngebut. 

5 comments for "Berniat Pasang Ban 140/70 DI Motor PCX 150 ? Simak Biar Tidak Nyesal"

  1. Replies
    1. Di upgrade maksudnya mengganti komponen - komponen CVT yang bertujuan agar CVT bekerja lebih maksimal dibanding bawaan standar. Paket uprage CVT banyak di jual online.. coba search

      Delete
  2. Replies
    1. Tergantung kebutuhan, ada yang diganti sebagain komponen ada yang hampir semuanya komponen CVT..Paket upgrade CVT banyak dijual secara online..coba search

      Delete
  3. ganti ke 140/70-14 apa ga gesrek ke spakbor kolong nya?

    ReplyDelete