Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Penyebab Dinding Ban Mengalami Retak - Retak


Bagi pemilik mobil dan motor pasti selalu menginginkan kondisi ban nya  dalam kondisi prima. Terawat, terjaga dan sedap setiap kali dipandang oleh orang - orang. Namun apa jadinya jika ban kendaraan Anda malah mengalami  retak -retak ?

Ini adalah sebuah pertanda bahwa ban motor atau ban mobil Anda mengalami kerusakan yang berat dan harus segera diambil tindakan agar tidak menimbulkan bahaya dalam waktu yang lama.

Sebagai pemilik kendaraan, tentunya Anda harus benar - benar memperhatikan cara merawat ban agar tidak mengalami retak - retak.

Berikut ini adalah 5 penyebab dinding ban mengalami retak - retak.

Penyebab 1. Ban Terkena Bahan Kimia 

ban retak karena terkena bahan kimia

Ini adalah penyebab pertama yang menyebabkan dinding ban mengalami retak - retak. Bahan - bahan kimia yang sering mengenai ban yaitu bahan bakar ( bensin dan solar ) dan Oli. Ban yang terkenan bahan tersebut akan mengakibatkan struktur karet ban melar. 

Jika Anda mengetahui ban terkena bahan kimia atau yang mencurigakan, segelah ambil tindakan dengan membersihkannya  menggunakan air bersih. 


Penyebab 2. Ban Dicuci Dengan Sikat Terlalu Kuat

ban retak karena terlalu kuat menyikat

Saat mencuci ban, bersihkanlah ban dengan bahan - bahan yang tidak keras. Mencuci dengan metode menyikat terlalu kuat akan mengakibatkan ban mengalami retak - ratak dalam jangka waktu yang lama. 

Anda bisa menggunakan bahan lain yang lebih lembut seperti kain atau spon untuk membersihkan dinding dari kotoran yang menempel. Sikatlah ban dengan arah satu arah, walaupun terlihat sepele ini adaah cara sederhana agar struktur ban tidak cepat rusak. 


Penyebab 3. Ban Dicuci Dengan Sabun Detergen

ban retak karena dicuci menggunakan detergen

Ini adalah cara yang salah kaprah bagi orang - orang yang baru memiliki kendaraan. Detergen memang dapat membersihkan ban dengan busa yang melimpah. Namun perlu diingat bahwa detergen akan mengakibatkan ban menjadi panas.  Ini bisa kita buktikan dengan menempelkannya pada tangan. 

Gunakanlah bahan lain yang lebih aman seperti sabun pencuci piring untuk membersihkan ban agar tidak merusak ban. 

Penyebab 4. Terlalu Berlebihan  Menggunakan Semir Ban 

ban retak karena terlalu banyak menggunakan semir ban

Ban yang terlihat kilat setiap hari akan menambah penampilan. Pengilat ban yang bisa Anda gunakan adalah semir ban. Banyak pakar yang menyarankan untuk tidak berlebihan menggunakan semir ban, selain warna ban yang akan kabur ( buram ), dampak yang lebih buruk adalah dinding ban akan retak - retak.

Gunakanlah semir ban secukupnya dan sewajarnya sebagai pengilat ban agar tidak menyesal dikemudian hari.

Penyebab 5. Tekanan Ban Keseringan Berkurang

Ban retak karena sering kempes

Tekanan ban yang berkurang akan menyebabkan struktur ban membengkok. Struktur yang bengkok dalam waktu lama mengakibatkan retakan pada dinding ban. 

Cara mengatasi hal ini pun sangat mudah, perhatikan saja terkanan ban. Isilah tekanan angin ban setiap 2 minggu sekali dan paling cepat 1 minggu sekali. 

Ban pada  keadaan diam akan kehilangan tekanan sebesar 1 Psi setiap bulannya. Dan ban yang dipakai sehari - hari pasti akan kehilangan tekanan lebih cepat. 

Post a Comment for "5 Penyebab Dinding Ban Mengalami Retak - Retak "