Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Jenis Pola Tapak Ban Mobil ( Thread Pattern ) Yang Harus Diketahui Oleh Pemilik Kendaraan

Untuk meningkatkan traksi ban terhadap jalan maka pada bagian tapak ban dibuat dengan bentuk yang berbeda - beda. Bentuk - bentuk pada tapak ban disebut juga pola tapak ban ( thread pattern ). Mengapa tapak ban harus dibuat berbeda - beda ? seperti yang kita ketahui bahwa setiap mobil mempunyai fungsi yang berbeda - beda.

Misalkan mobil minibus sering digunakan diperkotaan, sedangkan mobil - mobil truck banyak digunakan didaerah perkebunan, pertambangan atau pedesaan. Nah, dari kedua jenis kendaraan tersebut saja sudah mempunyai fungsi yang berbeda.

Dengan demikian untuk mendapatkan traksi yang baik pada mobil minibus untuk jalan perkotaan atau truk untuk jalan berlumpur maka kedua kendaraan tersebut harus menggunakan jenis tapak ban yang berbeda.  Itu masih dua kendaraan, belum kendaraan - kendaraan yang lain. Sudah pasti harus menggunakan tapak yang disesuaikan dengan medan kerja kendaraan tersebut.

Secara umum, jenis - jenis pola tapak ban mobil terbagi menjadi 4 jenis, yaitu :

1. Pola Tapak Ban " Rib "

pola tapak ban rib

Pola tapak ban Rib berbentuk  beberapa alur dengan pola zig-zag paralel yang mengelilingi ban. Pola ini sangat cocok untuk digunakan pada  jalan dengan permukaan yang rata ( aspal ) dan cocok digunakan pada  kecepatan tinggi (highway). Pola tapak ban Rib bisa digunakan untuk  jenis mobil kecil atau minibus.


  • Keunggulan  pola tapak Rib


Rolling resistance ( tahanan gelindingnya )  rendah. Pengemudian stabil dan kontrol kemudi berkat ketahanan lateral. Cocok untuk kecepatan tinggi

  • Kerugian pola tapak Rib


Pengereman kurang dan akselerasi yang buruk di jalan basah. Tapak lebih rentan terhadap retak.

2. Pola Tapak Ban " Lug"

pola tapak ban lug

Pola tapak ban  Lug berbentuk  tegak lurus terhadap garis keliling ban. Pola ini banyak diaplikasikan  pada kendaraan - kendaraan besar seperti kendaraan konstruksi dan truck.  Pola tapak ban Lug ini cocok digunakan untuk berjalan pada jalan yang tidak rata dan lunak (jalan tanah).

  • Keunggulan pola tapak Lug


Pengereman yang handal dan pengendalian  kontrol kemudi bagus serta memiliki Ttraksi yang besar.


  • Kerugian pola tapak Lug


Bising jika dipacu dalam kecepatan tinggi dan tidak cocok digunakan untuk kecepatan tinggi karena rolling resistance yang tinggi.

3. Pola Tapak Ban " Rib dan Lug "

pola tapak ban rib dan lug

Pola tapak ban Rib dan Lug adalah kombinasi ( gabungan ) dari dari pola  Rib dan pola Lug. Desain kombinasi ini untuk menggabungkan keunggulan kedua jenis tapak ban masing - masing.  Yang mana pola tapak rib yang ada di tengah ban memberikan kontrol arah yang baik sedangkan pola lug yang ada di sisi ban menjaga pengereman yang baik

  • Penggunaan pola tapak ban " Rib dan Lug "


Bisa digunakan  untuk  jenis kontur jalan  beraspal dan jalan tanah. Biasanya digunakan untuk kedua roda depan & belakang truk.


4. Pola Tapak Ban " Block "

pola tapak ban blog

Pola tapak ban Blok  terbentuk dari block - blok  yang berdiri sendiri (independent). Jenis ban pola ini banyak digunakan pada kendaraan - kendaraan yang berjalan di salju. Namun saat ini, jenis pola ban Block juga sudah digunakan untuk ban - ban radial untuk mobil - mobil penumpang.

  • Keunggulan pola tapak ban  Block 


 Kontrol kemudi menjadi lebih  baik dan memiliki stabilitas yang tinggi  di jalan  basah

  • Kerugian pola tapak ban Block


Ban pola block  lebih cepat halus.


Demikianlah penjelasan dari kami mengenai 4 jenis pola tapak ban mobil ( thread pattern ). Bagi pemilik kendaraan, mengetahui perbedaan keempat jenis pola tapak ban sangat penting agar bisa menyesuaikan kinerja mobil yang akan datang.

Post a Comment for "4 Jenis Pola Tapak Ban Mobil ( Thread Pattern ) Yang Harus Diketahui Oleh Pemilik Kendaraan"