Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membaca Kode Spesifikasi Pada Ban Mobil Bagi Orang Awam

Ban adalah komponen penting pada setiap kendaraan, termasuk mobil. Karena fungsi ban yang sangat penting, maka ban harus  benar - benar menjadi komponen yang patut diperhatikan. Apalagi bagi Anda yang masih awam atau yang baru pertama kali mempunyai mobil. Faktor keselamatan dan kenyamanan hampir semuanya dipengaruhi oleh ban.

Ban dibuat dengan spesifikasi yang berbeda - beda seusai dengan kebutuhan. Spesifikasi tersebut dibuat oleh perusahaan berupa bentuk simbol-simbol yang berada pada bagian Side Wall ( dinding ban ). Bentuknya pun beragam, berupa angka dan huruf dengan kombinasi tertentu sesuai dengan jenis ban tersebut.

Jadi tidak ada salahnya bagi Anda yang masih awam tentang kode ini untuk mempelajarinya agar suatu saat ketika ban mobil anda bermasalah, Anda bisa mengganti ban tersebut dengan benar atau memberi informasi yang tepat kepada pihak bengkel.

Bukan hanya itu saja, kode spesifikasi pada ban mobil juga berkaitan dengan tingkat kecepatan yang diperbolehkan dan juga beban maksimum yang boleh diangkat. Ini sangat penting untuk mejaga keselamatan berkendara.

Secara umum, membaca kode ban terbagi menjadi 2 jenis sesuai dengan jenis ban berdasarkan konstruksinya.

A. Membaca Kode Spesifikasi Pada Ban Bias


Ban bias adalah ban yang terbuat dari bahan nylon dan poliester. Secara konstruksi, kerangka pada bagian dalam ban bias membentang membentuk sudut 40 - 65 derajat. Ban bias banyak digunakan untuk mobil - mobil besar seperti truk. Ini karena konstruksi nya yang memiliki kelebihan dibanding ban radial.


  1. Angka 10,00 adalah lebar tapak ban yang diukur dalam satuan inchi, ingat ya bukan milimeter. Semakian besar angkanya maka semakin besar tapak ban.
  2. Angka 20 menunjukkan diameter dalam ban. Ini berati ban tersebut digunakan untuk velg ring yang berdiameter 20 inchi.
  3. 146/143 adalah indeks beban maksimum yang dapat ditumpu oleh ban tersebut. Angka 146 /142 pada kode ban diatas menyatakan bahwa ban tersebut dapat memuat beban 3000 kg / 2650 kg. ( lihat Tabel dibawah )
  4. K adalah kode untuk kecepatan maksimum yang diijinkan pada ban tersebut. 

B. Membaca Kode Spesifikasi Pada Ban Radial

Ban Radial adalah ban yang umu digunakan untuk mobil - mobil penumpang ( passanger ) dan kami menyakini Anda akan lebih familier melihat kode ban radial dibandingkan ban bias.
  1. 195 adalah lebar ban dalam satuan milimeter. Dari gambar diatas bahwa ban tersebut mempunyai lebar tapak ban 195 mm.
  2. 55 adalah nilai aspek ratio tinggi ban terhadap lebar tapak ban. Untuk mengetahui nilai tinggi ban lebih detail kita bisa menghitungnya dengan rumur 55/100 x 195 = 0,55 x 195 = 107,25 milimeter.
  3. R adalah kode huruf untuk jenis ban Radial. Berbeda dengan ban bias yang tidak ada kode hurufnya. Jadi untuk membedakan lebih cepat antara ban bias dan ban radial adalah dengan melihat huruf pada dinding ban. Jika tidak ada huruf berarti ban Bias, namun ada huruf R berarti ban Radial.
  4. 16 adalah diamater dalam ban. Ban ini hanya bisa digunakan pada velg ring yang berdiamater sama ( 16 inchi ) juga.
  5. 87 adalah indeks beban maksimum yang dapat ditumpu oleh 1 ban tersebut. Angka 87 tujuh menunjukkan ban tersebut dapat menumpuh beban seberat 545 Kg. ( Lihat Pada Tabel Indeks beban Maksimum dibawah ).
  6. V adalah indeks kecepatan  maksimum yang diijinkan pada kendaraan tersebut. Huruf V menunjukkan ban tersebut dapat digeber dengan kecepatan 210 Km / jam atau lebih ( Lihat Pada Tabel Indeks beban Maksimum dibawah ).

C. Kode Indeks Pada Ban

1. Beban Maksimum ( Load Indexs ) pada ban

Tabel yang digunakan untuk ban bias dan ban radial adalah sama. Jadi tabel dibawah ini dapat digunakan untuk semua ban kendaraan bermotor. 


2. Tabel Indeks Kecepatan Maksimum ( Load Indexs ) pada ban

Tabel kecepatan maksimum yang digunakan untuk ban bias dan ban radial adalah sama. Jadi tabel dibawah ini dapat digunakan untuk semua ban kendaraan bermotor. 


Bagaimana, apakah Anda sudah bisa membedakan kode-kode spesifikasi yang ada pada ban bias dan ban radial ? ini cukup mudah. Dengan dapat mengetahui kode-kode yang ada pada ban mobil, maka ini akan meminimalisir kesalahan dalam pemilihan ban untuk kendaraan kesayangan Anda. 

Post a Comment for "Cara Membaca Kode Spesifikasi Pada Ban Mobil Bagi Orang Awam"