Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Tekanan Angin Ban Mobil Nissan ( Semua Merek )

tekanan angin ban mobil nissan semua tipe

info-ban.blogspot.com - Sudah menjadi hal wajib bagi pengendara mobil untuk mengetahui tekanan angin ban ideal mobil yang dikendarainya. Tekanan angin ban yang tidak sesuai dengan kondisi ban akan berakibat buruk terhadap mobil tersebut seperti handling yang susah dan kenyaman yang berkurang sehingga hal ini akan berakibat pada rendahnya tingkat keselamatan berkendara.

Sebenarnya, indeks tekanan ban pada setiap mobil sudah ada dan dapat dilihat pada bagian pilar B yang berdekatan dengan kursi pengemudi. Selain itu biasanya juga dapat dilihat pada buku manual, namun daftar tekanan ini adalah tekanan untuk ban standar bawaan mobil tersebut. Jadi, jika Anda telah memodifikasi ukuran ban, maka daftar  tekanan tersebut tidak dapat digunakan. 

Nissan sebagai salah satu pabrikan otomotif, juga telah memberikan informasi tekanan angin ideal untuk semua mobil produksinya. Namun, kebanyakan pemilik tidak mengetahui hal tersebut dan memilih mengambil jalan praktis dengan melihatnya di internet.

Dan pada artikel ini, kami telah mengumpulkan daftar tekanan angin ban mobil Nissan untuk semua type. 

1. Tekanan Angin Ban Mobil Nissan Grand Livina

Nissan Grand Livina yang ban standarnya berukuran 185/65 R15 88H. Dengan mobil diisi lebih kurang 3 orang, tekanan yang direkomendasikan oleh Agen Tunggal Pemegang Merek ( ATPM ) Nissan adalah 35 Psi untuk roda depan dan belakang.

Bila pemilik mengganti ban dengan ukuran 215/45 R17 87V, berapakah tekanan angin idealnya? Patokannya selalu bertolak dari alasan agar ban mampu menopang bobot yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil. Karena pihak pabrikan telah melakukan riset dan memperhitungkan ukuran yang paling tepat bagi produknya. Tak lupa untuk perhatikan kode load index (indeks beban) dari ban tersebut, kemudian cocokkan dengan tabel load index.

Indeks beban dapat dilihat dari dua angka terakhir sebelum simbol huruf. Untuk ban standar Grand Livina, load index-nya adalah 88. Di tabel terlihat kode 88 menandakan ban yang bersangkutan mampu menopang beban hingga 560 kg jika diisi dengan tekanan 35 psi.


2. Tekanan Angin Ban Mobil Nissan Xtrail

Secara umum, tekanan ban paling ideal untuk mobil menengah seperti Nissan Xtrail berkisar 30 hingga 32 PSI. Nilai ini, akan menunjang stabilitas berkendara yang baik dan tidak terlalu bergetar. Sedangkan pada mobil yang lebih kecil seperti sedan atau city car biasanya memiliki tekanan angin sekitar 28 – 30 PSI.


3. Tekanan Angin Ban Mobil Nissan March

Ukuran ring ( velg ) Nissan March yang masuk ke Indonesia adalah ring 15. Jika Nissan March diisi  normal 1-2 penumpang, maka tekanan ban  depan dan belakang rata 32 psi. Ketika diisi 5 orang, maka ban belakang di isi dengan tekanan  44 psi, tujuannya agar distrubusi bobot menjadi optimal.  

Sebab jika Nissan March diisi 3 orang pada bagian kursi belakang, mobil kelihatan nungging kebelakang. Karenanya, untuk mengurangi beban ban belakang maka tekanan angin diisi dengan tekanan 44 Psi. 

Jika Anda menginginkan steer menjadi enteng ( ringan ), ban depan bisa diisi dengan tekanan 40 Psi dan ban belakang 32 Psi. Namun sayangnya ini menyebabkan resiko distribusi beban menjadi tidak rata dan sulit untuk bermnuver.


4. Tekanan Angin Ban Mobil Nissan Juke

Tekanan angin ban Nissan Juke yaitu 36 Psi untuk ban depan dan 33 Psi untuk ban belakang. Dari beberapa pengalaman pemilik, tekanan 38 Psi untuk ban depan, mobil kelihatan lebih tinggi namun bantingannya menjadi keras. Sedangkan ada yang menggunakan tekanan 33 Psi untuk depan dan belakang dan bantingan mobil tidak terasa terlalu keras. 


5. Tekanan Angin Ban Mobil Nissan Serena

Nissan Serena masuk dalam kategori mobil jenis  MPV ( Multi Purpose Vehicle ) yang memiliki bentuk kabin lega.  Tekanan angin ban ideal Nissan Serena yaitu 32 Psi untuk ban depan dan belakang. Saat dilakukan pengujian pada tekanan tersebut, Nissan serena yang memiliki tenaga  mesin 147 dk dengan transmisi otomatis CVT, menghasilkan 11,8 detik untuk berakselerasi dari diam ke 100 km/jam.


6. Tekanan Angin Ban Mobil Nissan Terano

Nissan Terano adalah mobil jenis SUV ( Sport Utility Vehicle ) yang mana jenis mobil ini banyak digunakan untuk medan - medan berat seperti off road. Tekanan angin ban Nissan Terano yang diisi dengan  angin biasa, tekanannya pada  kisaran 32 Psi sampai 34 Psi untuk semua ban. Sedangkan jika diisi Nitrogen, tekanan yang direkomendasikan yaitu pada kisaran 36 Psi sampai 37 Psi. 

Post a Comment for "Daftar Tekanan Angin Ban Mobil Nissan ( Semua Merek )"