Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memeriksa Ketebalan Tapak Ban Mobil


info-ban.blogspot.com - Untuk mengetahui kondisi ban telah tipis, hal yang harus Anda lakukan adalah dengan memeriksa telapak ban. Ada beberapa metode yang bisa membantu Anda mengetahui apakah kondisi ban masih layak atau tidak untuk digunakan. 

Tapak ban yang sangat tebal dalam pemakaian yang lama akan menyebabkan semakin menipis dan ini akan berakibat pada kondisi mengemudi yang tidak aman. Salah satu cara paling sederhana yang bisa dilakukan oleh pemilik mobil dan umum digunakan adalah memeriksa kedalaman tapak ban. Pemeriksaan kedalaman tapak ban bisa menggunakan koin dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Kedalam Telapak Ban

Di Indonesia, kedalaman tapak ban diukur dalam milimeter (mm). Ban baru biasanya dilengkapi dengan kedalaman tapak 7mm - 9mm, dan beberapa ban truk dan SUV mungkin memiliki kedalaman tapak yang lebih dalam daripada model lainnya. Otoritas Transportasi Darat (LTA) secara hukum mengharuskan ban diganti saat jika kedalam sudah mencapai 1.6 mm.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kedalaman tapak minimal 1.6 mm untuk ban Anda.

Keausan secara konsisten di sekitar keseluruhan ban adalah normal, namun  tapak  ban yang tidak rata bisa menjadi tanda inflasi yang tidak tepat, misalnya masalah aligment roda atau masalah lainnya. Jika Anda melihat keausan tapak yang tidak rata, segeralah berkonsultasi dengan bengkel langganan Anda agar tidak menimbulkan kerusakan yang semakin parah.

Cara Lain Untuk Memeriksa Tapak Ban

Menggunakan Tread Depth Gauge 

Cara mudah untuk memeriksa kedalaman tapak ban adalah dengan menggunakan alat pengukur kedalaman tapak. Anda dapat menemukan pengukur kedalaman tapak ban di bengkel atau toko aksesoris mobil di daerah Anda. 

Memeriksa ketebalan tapak ban dengan alat ukur

Ada banyak model yang tersedia, namun alat pengukur dengan kwalitas baik akan bekerja dengan baik juga. Cara penggunaannya mudah, yang harus Anda lakukan adalah menempelkan probe ke dalam alur di tapak dan tekan bahu probe rata ke tapak blok dan baca hasilnya. Semua alat pengukur harus diukur dalam milimeter.

Indikator Tread Wear 

memeriksa tread ban mobil


Indikator lain dari tapak yang sudah usang sudah ada di ban Anda sendiri. Setiap jenis ban, seperti  truk ringan, atau ban komersial menengah dilengkapi dengan indikator batang (atau bilah pakai) yang disematkan di antara tapak tusuk di 1.6 mm. Tanda ini  ada di ban  untuk membantu Anda memantau kedalaman tapak dan membuat keputusan tentang penggantian ban. Periksa apakah tapaknya memerah dengan indikator bar. Jika sudah, saatnya mengganti ban.

Jangan Menggunggu Hingga Terlambat

Jika Anda menyadari bahwa kondisi ban mobil sudah dalam batas yang tidak aman, maka ini adalah indikator bahwa ban mobil Anda sudah tidak aman. 

Performa ban bisa berkurang secara signifikan sebelum tapak Anda menyentuh 1.6 mm. Meskipun masih dianggap layak untuk mengemudi dengan aman mungkin kedepan bisa menyebabkan hydroplaning ( mobil melayang diatas air pada kecepatan tinggi ) atau kehilangan kontrol dalam kondisi hujan dan lembab. 

Post a Comment for "Cara Memeriksa Ketebalan Tapak Ban Mobil"