Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenali Gejala Lampu TPMS ( Tyre Pressure Monitoring System ) Menyala

info-ban.blogspot.com - Salah satu tujuan dengan dipasangnya TPSM ( Tyre Pressure Monitoring System  ) pada ban di mobil - mobil modern yaitu sebagai pemantau tekanan ban. Fungis untuk memberi tahu pengemudi bila tekanan ban terlalu rendah. Karena tekanan ban yang terlalu rendah akan menciptakan kondisi pengemudi yang tidak aman dan nyaman. Jika lampu indikator TPMS menyala, itu menandakan bahwa ban mobil yang Anda kendarai mengalami underinflated ( penurunan tekanan ). 

Penting untuk diketahui oleh para pemilik kendaraan bahwa penurunan tekanan pada ban akan menyebabkan pemakaian ban menjadi lebih boros dan kemungkinan besar akan terjadi kegagalan fungsi ban. Memahami arti dari lampu TPMS adalah pengetahuan penting sehingga ini benar - benar dapat  membantu merawat ban mobil Anda.

Dengan mempertahankan tekanan ban yang tepat, ini sangat penting untuk penanganan kendaraan, kinerja ban secara keseluruhan dan kemampuan ban dalam membawa beban. Ban yang diisi dengan tekanan yang tepat akan memberikan kemudahan bagi ban mencapai daya cengkram yang maksimal ( traksi ). Bukan hanya itu saja, ini juga dapat  memperlama usia pemakaian ban dan pada akhirnya juga akan berimbas pada pemakaian bahan bakar yang lebih efisien.

Ban yang mengalami penurunan tekanan akan menyebabkan keausan ban menjadi lebih cepat dan memungkinkan terjadinya kegagalan fungsi ban. Penurunan tekanan ban yang signifikan akan mengakibatkan penurunan daya tarik ban ( ban menjadi lebih berat ), terjadi keausan dan ketidakmampuan ban dalam menyerap kondisi jalan.

Ban yang terlalu keras akan mengakibatkan keausan pada bagian tengah telapak ban, sedangkan ban yang terlalu kempes juga akan menyebabkan bagian pinggir ban menjadi aus lebih cepat. 

Lampu peringatan TPMS akan membantu memperingatkan Anda bila tekanan ban Anda terlalu rendah. TPMS Anda memiliki berbagai pola iluminasi yang memiliki arti berbeda. Teruslah membaca untuk mencari tahu apa artinya.

Jika Anda belajar tentang sensor tekanan ban untuk pertama kalinya, menemukan indikator TPMS di dasbor Anda adalah hal yang utama dan itu sangat sederhana. Lampu itu berbentuk tapal kuda dengan tanda seru di tengahnya.

Kenali Gejala Lampu TPMS ( Tyre Pressure Monitoring System ) Menyala


 Arti Lampu TPMS Jika Menyala 

Apakah Anda tahu apa yang harus dilakukan saat simbol tekanan ban TPMS tiba - tiba menyala ? Hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa secara manual tekanan ban Anda dengan alat pengukur dan menambahkan udara sampai tekanan mencapai tekanan spesifikasi yang sesuai dengan produsen kendaraan. 

Perlu diingat, TPMS Anda tidak menggantikan perawatan tekanan ban secara rutin. Ini adalah alat yang dapat membantu mengingatkan Anda saat tekanan rendah, namun tekanan ban mungkin turun di bawah inflasi yang sangat jauh  sebelum lampu peringatan TPMS menyala. Lampu TPMS menyala saat tekanan ban terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Lampu TPMS Menyala Saat Berkendara

Saat lampu TPMS menyala  dan tetap menyala atau  setidaknya satu ban Anda berada pada tingkat tekanan yang rendah. Periksa tekanan semua ban dengan alat pengukur dan tentukan penyebab kehilangan tekanan dan tambahkan udara atau melakukan servis ban.

Lampu TPMS Menyala Dan Mati

Bila tekanan ban mendeteksi tingkat yang memicu fluktuasi, kemungkinan akan menyebabkan lampu TPMS Anda menyala dan mati. Hal ini terjadi ketika tekanan turun dalam semalam yang diakibatkan karena penurunan suhu disekitar yang mengakibatkan TPMS menyala. Sedangkan ketika pada siang hari dan terjadi kenaikan suhu, lampu TPMS menjadi mati. 

Lampu TPMS Berkedip Dan Kemudian Menyala

Jika lampu berkedip sekitar 60 sampai 90 detik setiap kali Anda menghidupkan mobil Anda dan kemudian tetap menyala, ini berarti TPMS tidak berfungsi dengan benar dan Anda harus membawanya ke pusat layanan bengkel langganan untuk inspeksi. TPMS yang rusak akan menyebabkan ia  tidak dapat memperingatkan Anda tentang tekanan ban rendah. Karenanya, periksa tekanan udara dari semua ban dengan alat ukur dan tambahkan udara ke ban yang membutuhkannya.

Apakah TPMS Dapat Menggantikan Cek Tekanan Ban Reguler ?

apa itu sensor tekanan ban


Tidak! Memahami  arti lampu peringatan TPMS dan apa yang harus dilakukan saat TPMS hidup adalah bagian penting dari tanggung jawab pengemudi. Perlu diketahui bahwa  TPMS bukan pengganti pemeriksaan tekanan ban reguler. Mengapa? Bergantung pada situasinya, TPMS mungkin memiliki keterbatasan seperti:

  1. Lampu peringatan TPMS dapat diatur untuk menyala di bawah tekanan ban yang dibutuhkan untuk membawa beban ke dalam kendaraan.
  2. Sensor  mungkin tidak secara akurat mentransmisikan data tekanan ban ke komputer on-board.
  3. Sistem mungkin tidak dapat secara akurat menentukan apakah ban terlalu rendah jika ban lain kehilangan tekanan pada tingkat yang sama.

Oleh karena itu,  TPMS adalah indikator pembantu untuk pengemudi dalam mengecek tekanan angin ban. Pemeriksaan tekanan ban secara manual dengan alat pengukur juga hal penting untuk merawat ban dan kendaraan Anda, terutama untuk keselamatan Anda dan keselamatan orang lain. Anda harus memeriksa tekanan ban sebulan sekali, dan sebelum melakukan perjalanan jauh atau saat membawa muatan ekstra.

Post a Comment for "Kenali Gejala Lampu TPMS ( Tyre Pressure Monitoring System ) Menyala"