Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Lengkap Tekanan Ideal Angin Ban Sepeda Motor ( Bebek, Matic Dan Sport )

info-ban.blogpsot.com - Untuk memperoleh tingkat keamanan dan kenyamanan dalam mengendarai sepeda motor, maka pengendara harus memperhatikan tekanan angin ban motor. Tekanan ban angin motor yang tidak sesuai seperti terlalu keras atau terlalu kempes akan sangat memperangruhi handling motor ketika dipacu dijalan.

Semua jenis sepeda motor seperti motor bebek, matic dan sport telah ditentukan ukuran tekanan angin ban yang sudah dianjurkan oleh pabrik pembuatnya. Namun terkadang hal ini tidak pernah menjadi perhatian khusus bagi pengendara, sehingga wajar jika sering terjadi laka lantas yang diakibatkan oleh faktor ban.

Selain berpengaruh terhadap usia ban dan kenyamanan saat berkendara, tekanan angin ban yang rendah juga berpengaruh terhadap efisiensi bahan bakar. Karena tekanan angin yang rendah membuat ban lebih berat dan membuat mesin bekerja lebih.

Umunya, pabrikan motor tersebut telah menempelkan stiker informasi tekanan angin ban pada motor tersebut dalam bentuk stiker yang tertempel disepeda motor.  Biasanya untuk tipe motor sport dan motor bebek sticker tersebut terletak di bagian swing arm sebelah kiri, sedangkan untuk tipe motor matik, sticker ditempelkan seperti di bagian bagasi barang atau di bawah jok. Namun  ada juga yang ditempel di dasboard bagian tengah. Tekanan angin ban sepeda motor mengunakan satuan  kPa, kgf/cm² dan Psi.


Daftar Lengkap Tekanan Angin Ideal Ban Sepeda Motor


Berikut ini adalah ukuran  tekanan angin ban motor bebek, matic dan sport untuk semua merek seperti Honda, Yamaha, Sukuzi, Kawasaki, TVS dan lain - lain.

1. Ukuran Tekanan Angin Ban Motor Matic


Ban   Motor Matic Sendirian Boncengan
Ban   Depan 29 Psi29 Psi
Ban   Belakang 33 Psi36 Psi

2. Ukuran Tekanan Angin Ban Motor Bebek



Ban   Motor BebekSendirian Boncengan
Ban   Depan 29 Psi30 Psi
Ban   Belakang 31 Psi33 Psi

3. Ukuran Tekanan Angin Ban Motor Sport



Ban   Motor Sport Sendirian Boncengan
Ban   Depan 32 Psi34 Psi
Ban   Belakang 39 Psi41 Psi

Namun demikian, tekanan diatas bisa saja tidak menimbulkan rasa nyaman karena beberapa faktor seperti jalanan yang licin, berlubang atau rusak. Jika demikian, Anda bisa menyesuaikannya dengan cara menambahkan atu mengurangi tekanan dengan kisaran lebih kurang 5 Psi.

Post a Comment for "Daftar Lengkap Tekanan Ideal Angin Ban Sepeda Motor ( Bebek, Matic Dan Sport ) "