Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengganjal Ban Saat Mobil Mogok

info-ban.blogspot.com - Saat Anda mengalami masalah ketika berkendara seperti mobil mogok atau ban mocor maka hal yang harus dilakukan pertama kali adalah memparkirkan mobil pada lokasi yang aman dan nyaman. Maksudnya aman yaitu mobil Anda tidak mengganggu kendaraan yang lain. Sedangkan nyaman adalah memilih tempat yang terbaik untuk mobil Anda.

Setelah mobil terpakir / berhenti pada lokasi yang aman dan nyaman maka selanjutnya adalah mengganjalnya. Cara menahan mobil yang mogok atau bocor ban yaitu dengan cara mengganjal ban nya dengan benda lain yang kira-kira kuat dan mudah ditemukan.

Kesalahan dalam mengganjal ban dapat beresiko besar karena ini terkait dengan keselamatan mobil Anda dan orang lain. Pastikan Anda dapat mengganjal ban dengan baik dan benar sehingga mobil dapat terbantu untuk tertahan pada lokasi tersebut.

Apakah dengan menarik rem tangan bisa menahan mobil ? bisa. Namun fungsi rem tangan tidak sebaik jika dbandingkan dengan langsung menahan ban. Dan fungsi rem tangan juga akan sia - sia jika misalkan yang bocor adalah ban bagian belakang. Ini artinya masih ada potensi mobil bergerak karena tidak ada yang menahan.

Cara Mengganjal Ban Saat Mobil Mogok

Sebenarnya cara mengganjal ban saat mobil mogok tidaklah sulit seperti yang dibayangkan. Karena memang cara ini tidak membutuhkan keterampilan khusus dan dengan alat seadanya. Jadi kami yakin Anda pasti bisa melakukan ini dengan baik. 

Pertama yang harus Anda siapkan adalah benda apa saja yang dirasa kuat untuk menahan seperti batu, kayu atau apa saja benda yang mudah ditemukan dilokasi sekitar. Persiapkan benda tersebut sebanyak 2 ( dua ) buah, walau pada faktanya mengganjal ban hanya dengan 1 ( satu ) pengganjal dan itu kurang maksimal dari segi keamanan. 

Setelah Anda mendapatkan benda tersebut ( misalnya batu ) maka ganjal lah ban mobil Anda dengan posisi pengganjal berada didepan dan dibelakang pada 1 roda saja. 


Seperti yang terlihat pada gambar diatas, bahwa cukup ganjal 1 roda saja  pada posisi bagian depan dan belakang. Anda bebas meletakkan di roda yang mana saja jika mobil mengalami mogok. Namun jika mobil mengalami ban bocor kasusnya berbeda. 

Jika yang bocor adalah bagian ban  depan maka yang diganjal adalah roda bagian belakang. Sebaliknya, jika yang bocor adalah ban  belakang maka ganjal pada bagian roda depan. 

Mengganjal dengan menggunakan benda-benda yang ada disekitar mungkin akan bermanfaat jika mobil Anda kecil. Namun jika mobil Anda sedang mengemudi truk, maka ini harus diganjal dengan pengganjal khusus. 


Kalau yang jenis ini ada yang terbuat dari kayu dan karet. Harganya pun relatif mahal sekitar 200 sampai 400 ribu rupiah.  Jadi pastikan Anda mengumatamakan keselamatan saat melakukan pengganjalan ban.

Post a Comment for "Cara Mengganjal Ban Saat Mobil Mogok "