Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lakukan 3 Hal Ini Ketika Ban Motor Anda Bocor Ditengah Jalan



Ketika sedang asyik dan menikmati perjalanan dengan sepeda motor kesayangan tiba-tiba tarikan motor terasa berat. Semakin digas malah semakin berat, dan setelah dilihat ternyata ban belakang kempes.

Kalau sudah begini, yang awalnya berwajah cerah beruba menjadi masam. Terkadang ban motor yang tiba-tiba bocor dijalan ini  bikin kesel. Harus mencari tempat tambal ban yang tidak tahu dimana lokasinya, apalagi jalan tersebut baru pertama kali kita lewati.

Ban yang mengalami keborocan diakibatkan beragam faktor, seperti tekanan angin yang terlalu rendah, ban luar yang sudah menipis dan  yang paling sering adalah tertusuk benda tajam.

Kali ini kami akan berbagi tips kepada Anda ketika harus menghadapi ban bocor ditengah jalan.


1. Periksa Kondisi Ban

Jika ban sepeda motor yang Anda kendarai tiba-tiba bocor, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah pinggirkan sepeda motor anda dan cari lokasi yang aman serta tidak mengganggu pengendara lian. Setelah itu periksalah kondisi luar ban sepeda motor tersebut apakah ada benda asing yang menempel. Jika Anda menemukan benda asing yang menusuk ban, segeralah cabut. Jika memungkinkan cabutlah dengan tangan, namun jika keras gunakanlah tang.

Apabila bocor disebabkan karena terkena paku atau benda-benda tajam lainnya, sebaiknya cabutlah terlebih dulu. Sebab jika tidak, bisa akibatkan bocor di beberapa bagian ban, bahkan bisa saja ban malah tidak bisa digunakan lagi.

Namun jika ban tersebut menggunakan jenis ban tubeless, sebaiknya biarkan paku tersebut sampai Anda menemukan bengkel tambal ban.

2. Buka Mur  Penahan Pentil

Jika sepeda motor anda menggunakan ban jenis tube ( ban konvensional yang menggunakan ban dalam ), langkah kedua yaitu membuka mur penahan pentil. Ini memang terlihat merepotkan, namun jika Anda harus memaksanya mendorong pada jarak yang jauh maka dengan membuka mur tersebut  pencegahan terbaik agar ban dalam tidak koyak.


Mengapa ban dalam bisa menjadi koyak ? saat Anda menjalankan kendaraan pada kondisi ban kempis, ban luar akan berputar. Berputarnya ban luar akan memaksa ban dalam ikut berputar juga. Namun karena ban dalam tertahan tutup pentil, maka ban dalam menjadi koyak.

Untuk membuka mur penahan pentil, Anda bisa membukanya menggunakan tang atau kunci ukuran 12 mm.

3. Tuntun Dengan Pelan

Saat Anda membawa sepeda motor  ke bengkel tambal ban, sebaiknya jangan dipaksa untuk dinaiki. Tuntunlah sepeda motor Anda dengan pelan - pelan pada kecepatan 10 Km/jam. Sebab jika dipaksakan dinaiki, bisa mengakibatkan kerusakan yang lebih parah pada ban dalam. Bukan hanya itu, kemungkinan terparah pelek ban juga bisa rusak ( mengakibatkan kebali

Saat Anda membawa sepeda motor ke bengkel tambal ban terdekat sebaiknya jangan dinaiki, akan tetapi tuntun dengan pelan. Sebab jika sepeda motor tetap dinaiki, bisa mengakibatkan kerusakan yang lebih parah pada ban, bahkan bisa juga mengakibatkan kerusakan ( peyang/penyok).


Post a Comment for "Lakukan 3 Hal Ini Ketika Ban Motor Anda Bocor Ditengah Jalan"