Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Nama - Nama Istilah Pada Ban ( Glosari ) Lengkap

glosarium ban



info-ban.blogspot.com - Walau terlihat sepele, ternyata ban memiliki banyak istilah. Karena banyaknya istilah pada ban, maka pada artikel ini kami rangkum dalam bentuk glossary ( glosarium ). 

Berikut ini adalah daftar lengkap glosarium ban.  

Air Pressure 

Ukuran gaya yang digunakan udara di dalam ban untuk menekan ke luar, yang dinyatakan dalam satuan pound per inci persegi (PSI), atau kilopascal (kPa), sebutan metrik untuk tekanan udara.

Alignment

Saat semua roda pada kendaraan disetel sehingga mengarah ke arah yang optimal relatif terhadap jalan dan satu sama lain

All-season tires

Ban yang memberikan keseimbangan traksi yang baik saat hujan atau kering dengan umur tapak yang baik dan pengendaraan yang nyaman dan tenang. 

Aspect Ratio

Perbandingan antara lebar telapak ban dengan tinggi ban.

Aquaplaning

Situasi yang sangat berbahaya ketika air menumpuk di depan ban yang mengakibatkan ban kehilangan kontak (traksi ) dengan permukaan jalan. Pada titik ini, kendaraan meluncur di permukaan air dan benar-benar di luar kendali. Ini juga disebut hydroplaning.

Backspacing

Juga dikenal sebagai rearspacing, ini adalah jarak dari bantalan pemasangan ke tepi belakang pelek. Jangan bingung dengan offset roda. Wheel Backspace Calculator dapat membantu Anda menghitung ruang mundur roda.

Balance/Imbalance

Distribusi bobot yang merata pada roda dan ban yang terpasang. Untuk memperbaiki ketidakseimbangan, mekanik terlatih akan menambah beban pada interior atau eksterior roda.

Bead

Bagian ban yang bertumpu pada roda terbuat dari kawat baja, diperkuat dengan tali lapis bodi, dibentuk untuk menahan ban dengan kuat pada pelek roda.

Bead Chafer

Komponen utama ban yang merupakan titik kontak antara ban dan roda, dirancang untuk menahan gaya yang dikenakan roda pada ban selama pemasangan serta gaya dinamis saat mengemudi dan pengereman.

Bolt Circle

Diameter lingkaran imajiner yang ditarik melalui bagian tengah setiap lubang lug nut kemudian diukur dari dua lubang yang berseberangan langsung. Pengukuran digunakan untuk memilih roda yang tepat untuk diganti.

Bolt Pattern

Susunan lubang baut pada sebuah roda. Beberapa roda memiliki lebih dari satu pola baut pada roda yang sama untuk mengakomodasi beberapa perlengkapan.

Breakaway

Istilah yang digunakan untuk menggambarkan hilangnya traksi saat melewati tikungan atau saat melakukan akselerasi dari awal berdiri. Ban meluncur, bukannya menggeser permukaan jalan.

Carcass

Struktur pendukung ban terdiri dari lapisan yang diikat ke manik di satu sisi dan berjalan dalam radius ke sisi lain dan berlabuh ke manik. Ini disebut juga casing.

Carrying Capacity

Pada tekanan udara tertentu, berapa berat yang dirancang untuk dibawa setiap ban. Untuk setiap ukuran ban, terdapat tabel inflasi beban untuk memastikan tekanan inflasi yang digunakan cukup untuk beban poros kendaraan.

Cold Inflantion Pressure

Besarnya tekanan udara di dalam ban, sebelum ban menghasilkan panas karena mengemudi.

Contact Patch

Area tempat ban bersentuhan dengan permukaan jalan. Ini juga disebut footprint.

Dot Marking

Tanda yang dicetak pada dinding samping ban terdiri dari tanda DOT dan kode 10 digit. Memberikan informasi seperti minggu dan tahun ban diproduksi, ditambah pabrikan, pabrik, garis ban, dan ukurannya. DOT adalah singkatan dari Department of Transportation.

Grooves

Saluran melingkar di antara rusuk tapak ban ( parit ban ).

Load Carrying Capacity

Menunjukkan berapa berat yang disertifikasi untuk dibawa ban pada tekanan inflasi maksimum.

Load Index

Nomor yang ditetapkan mulai dari 0 hingga 279 yang sesuai dengan kapasitas angkut beban ban. Lihat tabel indeks beban ini.

Low Profile

Istilah yang menjelaskan ban dengan rasio aspek relatif rendah atau klasifikasi seri (dinding samping pendek, tapak lebar).

Maximum Inflation Pressure

Tekanan udara maksimum yang dapat menyebabkan ban dingin mengembang; dapat ditemukan tercetak di dinding samping.

Metric Tire Size System

Satu sistem yang digunakan untuk mendeskripsikan ukuran ban. Ini adalah sistem standar ETRTO (European Tire and Rim Technical Organization).

Negatif Offset

Saat permukaan pemasangan roda lebih dekat ke sisi rem roda, pindahkan ban dan rakitan roda keluar dari fender dengan baik

Nominal Rim Diameter

Diameter pelek ban, diberikan dalam bilangan bulat terdekat (mis. 15 inci).

Offset

Offset pelek inilah yang menempatkan unit ban / roda dalam kaitannya dengan suspensi. Roda dengan offset nol memiliki permukaan pemasangan yang sejajar langsung dengan garis tengah roda.

Offset positif berarti permukaan pemasangan roda diposisikan di depan garis tengah rakitan roda / ban, mendekatkan ban ke suspensi. Sebaliknya, offset negatif berarti roda berada di belakang garis tengah rakitan roda / ban, menyebabkan ban bergerak menjauh dari suspensi, menonjol keluar dari kendaraan.

Wheel Offset Calculator dapat membantu Anda menghitung offset roda.

Original Equipment Manufacture ( OEM )

Ban dipilih oleh pabrikan kendaraan yang paling cocok dengan performa ban dengan karakteristik performa kendaraan. Juga dikenal sebagai ukuran ban cadangan..

Overall Diameter

Diameter ban kembung, tanpa beban apapun.

Overall Width

Jarak antara bagian luar dua dinding samping, termasuk tulisan dan desain.

Overinflation

Terlalu banyak udara di dalam ban, mengakibatkan keausan dini di bagian tengah tapak.

Plus - sizing

Sebuah opsi yang memungkinkan pengemudi menyesuaikan kendaraan mereka dengan memasang ban profil rendah pada pelek yang lebih lebar (diameter satu atau dua inci lebih besar), biasanya meningkatkan penampilan, penanganan, dan kinerja kendaraan. 

Anda disarankan untuk menjaga diameter ban secara keseluruhan dalam kisaran tertentu dari ukuran ban OEM untuk mencegah masalah pada spedometer, transmisi, jarak tempuh bahan bakar, dan pengereman. Baca lebih lanjut tentang ukuran plus dan coba kalkulator ukuran plus kami.

Ply

Lapisan kain berlapis karet yang berisi kawat ( kabel ) yang sejajar satu sama lain dan membentuk struktur ban. Lapisan bahan ini disebut lapisan, dan memanjang dari manik ke manik, di antara lapisan dalam, dan ikat pinggang atau tapak. Lapisan biasanya diperkuat dengan kabel tekstil atau baja.

P-metric

Penetapan ukuran ban yang seragam, dalam pengukuran metrik yang pertama kali diperkenalkan oleh produsen ban Amerika pada tahun 1977; biasa disebut deret metrik-P. Ban P-metrik tipikal adalah P205 / 70R14 93S.

Pneumatic tire

Ban yang dirancang untuk diisi udara.

Positive offset

Muka pemasangan sebuah roda mengarah ke sisi jalan roda, menggerakkan ban dan rakitan roda ke arah kendaraan.

PSI

Singkatan dari pound per square inch, yang merupakan pengukuran industri otomotif dari tekanan ban.

Radial ply tire

Jenis ban dengan lapisan yang disusun sedemikian rupa sehingga tali di badannya mengarah pada sudut 90 derajat ke garis tengah tapak

Revolutions Per Mile (RPM)

Juga disebut RPM. Jumlah putaran yang diukur untuk ban yang menempuh jarak satu mil. Ini dapat bervariasi dengan kecepatan, beban, dan tekanan inflasi. Gunakan Kalkulator Ukuran Ban kami untuk mengetahui putaran ban per mil.

Ribs

Pola fitur tapak yang sejajar di sekitar lingkar ban. Biasanya terdapat banyak rusuk di sepanjang area tapak ban.

Rim

Bagian roda tempat ban dipasang

Rim diameter

Diameter jok rim bead menopang ban.

Rim width

Pengukuran antara flensa pelek. Anda dapat menggunakan Kalkulator Ukuran Roda / Pelek kami untuk mengetahui pelek mana yang sesuai untuk ukuran ban yang dipilih

Rim drop

Disebut juga drop center, yaitu perubahan (drop) pada profil pelek di antara flensa pelek di mana area bead ban ditempatkan selama proses pemasangan. Ini memungkinkan ban dipasang di pelek.

Rim flange

Permukaan pelek roda yang bersentuhan dengan sisi bead ban

Rolling circumference

Jarak linier yang ditempuh sebuah ban dalam satu putaran (kelilingnya). Ini dapat bervariasi dengan beban dan inflasi. Lingkar gelinding dapat dihitung sebagai berikut: 63.360 dibagi dengan putaran per mil = lingkar gelinding dalam inci. Cobalah Kalkulator Ukuran Ban kami yang akan memberi Anda info tentang diameter ban, lingkar, dll.

Rolling resistance

Gaya yang dibutuhkan agar ban tetap bergerak dengan kecepatan yang seragam. Semakin rendah tahanan gelindingnya, semakin sedikit energi yang dibutuhkan untuk menjaga ban tetap bergerak.

Rotation

Mengganti ban dari depan ke belakang atau dari samping ke samping pada kendaraan sesuai pola yang telah ditetapkan; bahkan menyediakan treadwear. Memutar ban Anda secara teratur (setiap 6.000-8.000 mil) adalah cara sederhana untuk menambahkan mil ke kehidupan mereka. Lihat garansi ban Anda untuk informasi lebih lanjut tentang rotasi yang disarankan. Cari tahu bagaimana membuat ban Anda tahan lebih lama.

Section height

Tinggi ban, diukur dari pelek hingga tapak luarnya. Kalkulator kami dapat memberi Anda informasi tentang semua dimensi ban.

Section width

Jarak antara bagian luar dinding samping ban, tidak termasuk tulisan atau desain apa pun.

Self-aligning torque

Saat ban menikung, torsi yang tercipta pada patch kontak jalan bekerja pada titik di belakang pusat roda yang sebenarnya karena jejak pneumatik. Ini memiliki efek yang sama seperti kastor positif dan cenderung memaksa roda kembali ke posisi lurus di depan.

Series

Ban dengan rasio aspek yang sama, atau hubungan tinggi bagian dengan lebar bagian.

Sidewall

Bagian ban di antara tapak dan bead. Melindungi ban dari benturan dengan trotoar, dll. Di sini juga dapat ditemukan tanda dinding samping yang memberi tahu Anda informasi penting tentang ban.

Speed rating

Kode alfabet (A-Z) yang ditetapkan untuk ban yang menunjukkan kisaran kecepatan di mana ban dapat membawa beban dalam kondisi servis yang ditentukan. Periksa tabel indeks kecepatan ini.

Standard load

Jumlah berat yang dapat dibawa oleh ban ukuran tertentu pada tekanan udara yang disarankan.

Symmetrical Tread Design

Pola tapak yang seragam di kedua sisi tapak untuk performa yang lebih baik di kondisi tertentu dan di jalan tertentu.

Tire

Juga disebut ban pneumatik, rakitan karet, bahan kimia, kain, dan logam yang direkayasa secara tepat, dirancang untuk memberikan traksi, bantalan guncangan jalan, dan membawa beban dalam berbagai kondisi.

Tire Size

Kombinasi lebar ban, tipe konstruksi, rasio aspek, dan ukuran pelek digunakan untuk membedakan ban.

Tire Designation

Kode alfanumerik yang dicetak ke dinding samping ban yang menjelaskan ukuran ban, termasuk lebar, rasio aspek, diameter pelek, indeks beban, dan peringkat kecepatan. Sebagian besar penunjukan menggunakan sistem P-Metric.

Tire placard

Label logam atau kertas yang ditempelkan secara permanen pada kendaraan, yang menunjukkan ukuran ban yang sesuai dan tekanan inflasi untuk kendaraan tersebut. Plakat biasanya dapat ditemukan di tiang pintu pengemudi, tutup kotak sarung tangan, atau pintu pengisi bahan bakar.

Tire pressure gauge

Alat yang digunakan untuk mengukur tekanan udara di dalam ban dengan benar.

Traction

Gesekan antara ban dan permukaan jalan; jumlah pegangan yang disediakan.

Tread

Porsi ban yang bersentuhan dengan jalan. Itu dibedakan dengan desain tulang rusuk dan lekukannya. Memberikan traksi dalam berbagai kondisi, tahan gaya tinggi, dan tahan aus, abrasi, dan panas.

Tread Depth

Kedalaman karet tapak yang bisa dipakai, jarak dari puncak tapak ke lekukan ban. Pengukuran dilakukan di garis tengah ban yang diukur dalam 32nds inci. Jika ban baru dengan 10 / 32nds karet, Anda memiliki 8 / 32nds karet yang bisa digunakan. Ban harus diganti saat batang aus terlihat pada 2 / 32nds.

Tread life

Umur ban sebelum melakukan jarak tempuh.

Treadwear indicator

Pita sempit, terkadang disebut batang aus, yang muncul di sepanjang tapak ban saat tapak hanya tersisa 2/32 inci.

Tread pattern

Susunan alur, balok, sipes, dan saluran pada tapak ban yang memberikan berbagai tingkat efek pada traksi, umur tapak, dan faktor ban lainnya.

Tread width

Lebar tapak ban.

Underinflation

Mengoperasikan ban tanpa tekanan udara yang cukup untuk menopang bobot kendaraan dengan penumpang dan beban tambahan; dapat menyebabkan kerusakan pada ban saat panas dihasilkan di dalam ban hingga terjadi degenerasi komponen.

Valve

Perangkat yang memungkinkan udara masuk atau keluar dari ban. Itu dilengkapi dengan tutup katup untuk mencegah kotoran dan kelembaban, ditambah inti katup untuk mencegah udara keluar.

Wheel weights

Beban kecil yang dipasang atau diamankan ke roda untuk menyeimbangkan rakitan ban dan roda.

Zero offset

Saat permukaan pemasangan roda sejajar dengan garis tengah roda.


Post a Comment for "Nama - Nama Istilah Pada Ban ( Glosari ) Lengkap"